Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

70 Persen Guru Di Sukoharjo Tidak Siap Dengan Pembelajaran Daring

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 12 Agustus 2020, 21:05 WIB
70 Persen Guru Di Sukoharjo Tidak Siap Dengan Pembelajaran Daring
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Darno/RMOLJateng
rmol news logo Setidaknya 70 persen guru di Sukoharjo, Jawa Tengah, tidak siap dengan pembelajaran daring (online) di masa pandemik Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Darno mengatakan, ketidaksiapan guru tersebut utamanya pada tingkatan PAUD hingga SMP.

"Hampir 70 persen guru PAUD hingga SMP belum siap dengan kurikulum ini. Kurikulumnya kan dadakan, banyak guru yang belum siap, terutama guru yang usia sudah tua," kata Darno, dilansir dari Kantor Berita RMOLJateng, Rabu (12/8).

Dikatakan Darno, metode pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan daring penuh kendala sehingga dianggap tidak efektif. Selain kendala daring juga kendala guru atau tenaga pendidik.

"Kami siapkan program kelompok guru cerdas untuk membuat konten video pembelajaran kepada para siswa. Per mata pelajaran yang berisi 6 orang,"  ujarnya.

Darno mengakui sistem PJJ ini kurang efektif untuk mendongkrak kualitas pendidikan. Sehingga setiap sekolah mulai membuat terobosan, agar KBM tatap muka bisa digelar.

Salah satunya dengan guru kunjungan rumah, untuk bertemu siswa yang kesulitan. Karena tidak semua siswa juga paham tanpa ada penjelasan langsung.

"Ada beberapa sekolah yang menerapkan guru visit home, teknis dan jadwalnya yang menentukan dari sekolah masing-masing. Kami pesankan wajib menggunakan protokol kesehatan," tandasnya.

Ia berharap masa pandemik Covid-19 segera berakhir hingga sekolah bisa dibuka kembali. Dan pembelajaran tatap muka bisa berjalan seperti sediakala. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA