Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aquagriculture, Inovasi Baru Pertanian Yang Gabungkan Sistem RAS Dengan Hidroponik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 11 Agustus 2020, 14:42 WIB
Aquagriculture, Inovasi Baru Pertanian Yang Gabungkan Sistem RAS Dengan Hidroponik
Lokasi Aquagriculture di kawasan Cisarua Bogor, Jawa Barat/Net
rmol news logo Perkembangan teknologi pertanian semakin maju pesat, hampir semua negara sadar akan ancaman kekurangan bahan pangan. Penelitian bidang pertanian terus dilakukan di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Salah satu penelitian bidang pertanian dan perikanan yang dilakukan anak bangsa telah berhasil menemukan metode baru yang disebutnya sebagai "Aquagriculture", sebuah inovasi pertanian modern dan ramah lingkungan berbasis aquakultur.

Penelitian ini dilakukan di Elon Farm terletak di kawasan Cisarua Bogor, Jawa Barat. Penelitian tersebut telah berhasil dan sudah dikembangkan di bebebarapa titik di wilayah Jawa Barat.

"Ini adalah sebuah inovasi yang merupakan penggabungan dari sistem RAS (Recisrculation Aquaculture System) dengan metode pertanian hidroponik," kata sang peneliti, Elon Farm yang biasa disapa Joel, di Elon Farm, Bogor, Selasa (11/8).

"Metodenya sendiri kami beri nama OS-Aquaponica, disini kami membudidayakan ikan nila merah dan udang galah serta sayuran," lanjutnya seraya menyebut informasi jelas bisa dilihat di sosial media IG @elonfarm.

Dijelaskan doktor lulusan IPB ini, konsep OS-Aquaponica secara umum terlihat berupa bak-bak pemeliharaan ikan dan bak pemeliharaan udang galah yang dipadu dengan sayuran yang tumbuh dengan system floating.

Metode ini tidak menghasilkan limbah karena kotoran ikan diproses jadi pupuk sayuran dan sisa sayuran di blender untuk jadi pakan ikan. Penggunaan air juga sangat minim karena sistem resirkulasi air dan hanya menambahkan 2-2,5 persen air setiap hari akibat penguapan.

"Dalam sistem yang kami ciptakan ini, sayuran berfungsi sebagai biofilter yang efektif untuk menetralkan air yang akan dialirkan kembali ke bak bak ikan, dan sayuran pun bisa dijual karena juga memiliki nilai ekonomi tinggi selain ikan dan udang sebagai main product-nya," katanya.

Elon Farm menambahkan, selain untuk agriindustri juga bisa dipadukan dengan agriwisata dan eduwisata jika dibangun dalam sebuah kawasan.

"OS-Aquaponica lebih dirancang untuk industri agrobisnis karena investasi relatif besar dan omzetnya bisa 1 M/bulan jika dibangun di atas lahan 1 Ha," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA