Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

100 Guru Ngaji Di Jakarta Jalani Rapid Test Covid-19 Secara Gratis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 08 Agustus 2020, 16:32 WIB
100 Guru Ngaji Di Jakarta Jalani Rapid Test Covid-19 Secara Gratis
100 guru ngaji di Jakarta ikut rapid test Covid-19 secara gratis yang diadakan NU CARE-LAZISNU dan Tokopedia Salam/Net
rmol news logo Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di kalangan pondok pesantren, NU CARE-LAZISNU bekerjasama dengan Tokopedia Salam menggelar PCR swab test atau rapid test untuk guru ngaji secara cuma-cuma.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bertempat di Ponpes Luhur Al-Tsaqafah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, rapid test diikuti oleh sekitar 100 guru ngaji dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang sangat ketat. Kegiatan ini akan dilanjutkan kepada para santri secara bertahap dalam dua pekan ke depan.

Tim Satgas NU Peduli Covid-19, dr. Fariz Zen, mengatakan, kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode pool test Covid-19. Metode ini, selain efektif juga efisien untuk pemeriksaan PCR pada komunitas pesantren. Dan yang terpenting bahwa metode ini juga didasarkan atas kajian epidemiologis.

"InsyaAllah dalam waktu 1x24 jam sudah akan ada hasilnya. Jadi, metode test PCR dengan metode pool test itu sangat efektif untuk pemeriksaan yang berbasis komunitas, terutama pesantren," jelas dr. Fariz Zen, Sabtu (8/8).

Sementara itu, Ketua NU CARE-LAZISNU, Achmad Sudrajat mengatakan bahwa program ini merupakan salah satu kegiatan NU CARE-LAZISNU yang fokus pada dunia pesantren. Menurutnya, pesantren harus mendapatkan perhatian khusus dalam pencegahan Covid-19, mengingat tradisi pesantren yang begitu kental dengan kebersamaan antar santri.

Pada 5 Agustus lalu, bertempat di Masjid Jami' At-Taqwa Juraganan, Jakarta Selatan, CARE-LAZISNU dan Tokopedia Salam juga menggelar rapid test gratis yang diikuti oleh lebih dari 500 santri yang akan berangkat ke Jawa Timur. Ini merupakan bagian dari HUT ke-11 Tokopedia yang akan jatuh pada 17 Agustus 2020.

Ketua pelaksana program, Slamet Tuharie, menjelaskan bahwa selain mengadakan rapid test Gratis untuk para santri pada 5 Agustus lalu, NU CARE-LAZISNU dan Tokopedia Salam juga telah membagikan APD ke 20 RS di Jawa Timur melalui NU CARE-LAZISNU Jatim, juga melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa masjid di Jakarta, Bandung, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok.

"InsyaAllah minggu depan kita juga akan adakan rapid test untuk santri di Kota Bekasi dan juga masih akan dilakukan penyemprotan disinfektan untuk masjid-masjid di daerah di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat," demikian Slamet Tuharie. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA