Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Perbolehkan Mudik Idul Adha Di Tengah Pendemik, Asalkan...

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 31 Juli 2020, 10:55 WIB
Pemerintah Perbolehkan Mudik Idul Adha Di Tengah Pendemik, Asalkan...
Ilustrasi mudik/Net
rmol news logo Perayaan Idul Adha 1441 Hijriah saat ini bisa dilakukan bersama sanak keluarga di kampung halaman, meskipun situasi di dalam negeri masih menghadapi pandemik virus corona baru (Covid-19).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
 
Dijelaskan Jurubicara Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia, masyarakat bisa mudik asalkan memenuhi standar protokol kesehatan.

"Bagi masyarakat yang akan mudik pada Idhul Adha tahun ini, agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna menjaga kesehatan di antara sesama warga masyarakat. Utamanya keluarga untuk terhindar dari potensi penyebaran Covid-19," ujar Ankie dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (31/7).

Beberapa hal yang mesti diperhatikan pemudik terkait protokol kesehatan adalah dengan memastikan kesehatan diri sebelum melakukan perjalanan ke kampung halaman.

"Sebelum melakukan perjalanan, diimbau untuk melakukan tes kesehatan serta memastikan kondisi fisik dalam keadaan yang fit. Jangan memaksakan untuk mudik, jika kondisi badan dalam keadaan yang kurang sehat," jelasnya.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk menjamin ketersediaan masker, sarung tangan, dan hand sanitizer selama perjalanan mudik Idul Adha tahun ini.

Lebih lanjut, Ankie menekankan bahwa pemerintah memastikan pelaksanaan ibadah Idul Adha tahun ini bisa dilaksanakan secara khidmat di semua daerah. Baik shalat berjamaah maupun prosesi penyembelihan hewan kurban

"Untuk proses ibadah baik shalat maupun penyembelihan hewan kurban, masyarakat diminta untuk menjalankan panduan pelaksanaan berupa surat edaran dari kementerian agama, fatwa MUI, hingga aturan-aturan yang disiapkan oleh pemerintah daerah masing-masing. Dan aturan-aturan ini bersifat saling melengkapi untuk memastikan keamanan masyarakat dalam beribadah serta tertib dalam menjalankan protokol kesehatan selama beribadah," tuturnya.

"Selamat Idhul Adha, 10 Zulhijjah 1441 Hijriah. Semoga ibadah kita tahun ini menjadi lebih khidmat dalam suasana pandemik, sehingga bisa memberi makna yang dalam tentang pengorbanan seperti dicontohkan Nabi Ibrahim Alaihi Salaam kepada kita semua," demikian Angkie Yudistia.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA