Jelang Perayaan Idul Adha, IHW Imbau Masyarakat Gandeng RPH Dan Juleha Saat Potong Hewan Kurban

Direktur Eksekutif, Indonesia Halal Watch, Ikhsan Abdullah/Net

Suasana pandemik virus corona baru (Covid-19) telah mengakibatkan ekonomi menurun. Salah satu imbasnya permintaan untuk hewan kurban mengalami penurunan drastis.

Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch, Ikhsan Abdullah mengatakan perlu ada gerakan bagi kaum mampu untuk berkuruban. Tujuannya, sebagai wujud solidaritas dan kesalehan kita.

IHW, kata Ikhsan tahun ini menggandeng mitra pegiat luar negeri dan kaum agnia untuk menjalankan program kurban di beberapa titik, diantaranya, di Masjid Taqwa, KOta Banda Aceh, Sunter, Jakarta Utara dan beberapa kota di Jawa barat.

"Indonesia Halal Watch menggandeng Ishihara Charity Foundation yang memiliki andil besar pada Japan Indonesia Economic Halal Consultant Management (JPI)," demikian kata Ikhsan saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Rabu malam (29/7).

Lebih lanjut, Ikhsan menjelaskan, Ishihara Charity Fiundation merupakan sebuah Lembaga yang didedikasikan untuk Gerakan Halal di Jepang yang pada Desember 2019 dan didirikan bekerjasama dengan Indonesia Halal Watch dan bermarkas di Azabu Plaza 1 Chome 2-18 Minato City, Tokyo, Japan, sekaligus sebagai Kantor Representatif LPPOMMUI.

Langkah tersebut, tambah Ikhsan diharapkan diiikuti oleh lembaga halal lainnya. Dengan demikian, meski dalam keadaan pandemik Covid-19 seluruh lapisan masyarakat akan dapat menikmati daging hewan kurban.

"Apabila kesadaran ini terajut, maka dipastikan pada hari Idul Adha seluruh penduduk negeri ini dapat menikmati daging qurban. Hal ini juga sebagai bagian dari partisipasi IHW dalam rangka memperkuat ketahanan pangan dan melawan Covid-19," demikian kata Ikhsan.

IHW juga menekankan pada seluruh umat Islam agar menggandeng rumah pemotongan hewan (RPH) saat merayakan hari raya kurban. Dengan cara itu, pengolahan daging kurban dapat dijamin kebersihannya.

"Selanjutnya dapat membagikannya dalam bentuk daging kurban yang telah dikemas kepada mereka yang berhak dan di antar door to door kerumah-rumah saudara kita yang berhak menerima," demikian kata Ikhsan.

Jika tidak dekat dengan lokasi RPH, maka IHW mengimbau agar masyarakat melibatkan juru sembelih halal (juleha). Proses pemotongan yang demikian, tambah Ikhsan sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Wabah Covid-19.

"Menyembelih hewan kurban dengan tata cara Syariah di tempat yang memiliki cukup air yang mengalir dan sanitary yang baik. Lalu di olah, ditimbang dan dikemas untuk dibagikan kepada yang berhak langsung ke pintu-pintu saudara kita yang berhak menerima dengan tetap wajib mengikuti protocol kesehatan serta menjaga social distancing," pungkas Ikhsan.

Kolom Komentar


Video

Sebelum Mbak You, Arief Poyuono Sudah Ramalkan Kalabendu

Jumat, 15 Januari 2021
Video

BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan

Jumat, 15 Januari 2021
Video

RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia

Senin, 18 Januari 2021

Artikel Lainnya

Melonguane Diguncang Gempa Magnitudo 7,1, Terasa Hingga Halmahera Utara
Nusantara

Melonguane Diguncang Gempa M..

21 Januari 2021 19:53
Gibran-Teguh Resmi Pimpin Kota Solo
Nusantara

Gibran-Teguh Resmi Pimpin Ko..

21 Januari 2021 19:42
Pedagang Sapi Mogok Massal, Wagub Banten Lemparkan Ke Pemerintah Pusat
Nusantara

Pedagang Sapi Mogok Massal, ..

21 Januari 2021 19:23
Begini Penjelasan Rumah Pompa Banjir Jakarta Yang Diduga Disabotase
Nusantara

Begini Penjelasan Rumah Pomp..

21 Januari 2021 19:11
Banjir Bandang Paniai, Prajurit TNI Diinstruksikan Turun Membantu Masyarakat
Nusantara

Banjir Bandang Paniai, Praju..

21 Januari 2021 19:06
Berjibaku Dengan Banjir, PLN Berhasil Nyalakan Listrik Di Kawasan Terdampak Banjir Di Kalbar
Nusantara

Berjibaku Dengan Banjir, PLN..

21 Januari 2021 18:42
Mamuju Dan Majene Berangsur Pulih Pasca Gempa M 6,2
Nusantara

Mamuju Dan Majene Berangsur ..

21 Januari 2021 18:12
Demo Kementerian LHK Dan KPK, Massa Desak Kasus Perambahan Hutan Sumut Dituntaskan
Nusantara

Demo Kementerian LHK Dan KPK..

21 Januari 2021 17:31