Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sastrawan Sunda Ajip Rosidi Tutup Usia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 30 Juli 2020, 00:46 WIB
Sastrawan Sunda Ajip Rosidi Tutup Usia
Ajip Rosidi/Net
rmol news logo Kabar duka kembali menyelimuti tanah air. Sastrawan sekaligus budayawan Indonesia Ajip Rosidi tutup usia sekitar pukul 22.30 WIB, Rabu (29/7).

Ajip meninggal dalam perawatan pascaoperasi di RSUD Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah.

Tepat di usia 82 tahun, sastrawan yang turut mekestarikan budaya Sunda itu meninggal dunia. Kabar duka tersebut dibenarkan oleh pihak keluarga.

"Betul, saya sedang 'ke sana ke mari' (mengurus segala sesuatu) ini," ujar salah seorang anak Ajip Rosidi, Nundang Rundagi, yang dikonfirmasi wartawan.

Ajip Rosidi sebelumnya menjalani perawatan dan operasi di RSUD Tidar Kota Magelang, karena sakit yang dideritanya sejak seminggu terakhir.

Sakit itu dikabarkan akibat terjatuh di rumah anaknya di kawasan Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Nundang mengaku belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut ihwal rencana pemakaman almarhum lantaran dirinya masih sibuk mengurus jenazah sang ayah tersebut.

Sekadar informasi, Ajib Rosidi, sastrawan yang juga budayawan asal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat itu, menaruh minat besar terhadap perkembangan bahasa dan sastra Sunda.

Ia telah menghasilkan ratusan karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan-tulisanya tersebut.

Ajip Rosidi pun mendapat gelar doktor kehormatan, honoris causa, di bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran pada 2011 silam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA