Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanggapan Ariza Soal Pandangan APBD DKI Jakarta Dari DPRD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 27 Juli 2020, 17:47 WIB
Tanggapan Ariza Soal Pandangan APBD DKI Jakarta Dari DPRD
Wagub DKI Ahmad Riza Patria saat mewakili Gubernur Anies Baswedan/RMOLJakarta
rmol news logo Rapat paripurna yang beragendakan penyampaian pemandangan Fraksi-fraksi DPRD DKI Jakarta terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2APBD) DKI Jakarta Tahun Anggaran 2019 baru saja usai.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang dawat mewakili Gubernur DKI  Anies Baswedan, mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan dewan Kebon Sirih terhadap perolehan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI kepada Pemprov DKI Jakarta.

"Eksekutif mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dewan yang terhormat, atas saran perbaikan untuk peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan," ujarnya saat memberikan penjelasan di hadapan para dewan, Senin (27/7).

Menurut pria yang karib disapa Ariza itu,  semua pertanyaan, saran dan catatan penting yang disampaikan oleh Anggota Dewan merupakan wujud tanggung jawab bersama, dalam upaya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, dalam mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance).

"Eksekutif berupaya menjawab pemandangan umum fraksi-fraksi secara lengkap dan menyeluruh. Hal-hal yang bersifat teknis kiranya dapat dibahas pada Rapat Kerja Komisi bersama Eksekutif," tuturnya.

Dijelaskan bahwa Realisasi pendapatan pajak daerah tahun 2019 sebesar Rp 40,29 triliun atau 90,48 persen dari rencana penerimaan sebesar Rp 44,54 triliun. Realisasi tersebut meningkat sebesar 7,35 persen dari realisasi tahun 2018 sebesar Rp 37,53 triliun.

Sedangkan Retribusi Daerah yang terealisasi sebesar 82,71 persen. Terkait realisasi pendapatan daerah, Pemprov DKI Jakarta akan terus melakukan peningkatan pengelolaan pendapatan daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Ariza menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta sebagai eksekutif juga menanggapi atas berbagai pertanyaan, saran, evaluasi dan catatan penting dari Fraksi-Fraksi.

Khususnya yang berkaitan dengan kebijakan, program, kegiatan, maupun upaya-upaya di berbagai bidang telah ditempuh oleh Pemprov DKI Jakarta dalam membangun Kota Jakarta yang Adil, Maju dan Bahagia.

 "Jajaran Eksekutif mengucapkan terima kasih atas pertanyaan, saran dan catatan penting yang telah disampaikan oleh Fraksi-Fraksi DPRD DKI Jakarta, terhadap materi Raperda tentang P2APBD DKI Jakarta 2019," tandas Ariza. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA