Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

RS Rujukan Covid-19 Terima Ventilator Buatan UI Dari Industri Tambang Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 24 Juli 2020, 00:22 WIB
RS Rujukan Covid-19 Terima Ventilator Buatan UI Dari Industri Tambang Nasional
Penyerahan bantuan ventilator buatan Universitas Indonesia dari PT Ceria Nugraha Indotama kepada Rumah Sakit rujukan Covid-19/Istimewa
rmol news logo Pelaku industri pertambangan di Indonesia turut mengambil peran dalam upaya mendukung langkah pemerintah dalam menangani pasien Covid-19.

Seperti yang dilakukan PT Ceria Nugraha Indotama (CNI). Perusahaan tambang nikel ini menyumbangkan sejumlah fasilitas kesehatan untuk digunakan oleh para tenaga medis di Rumah Sakit Benjamin Guluh Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Bantuan yang diberikan berupa tiga unit Ventilator COVENT-20 hasil karya Fakultas Teknik Universitas Indonesia, satu unit mobil ambulans, dan sebuah bangunan sekolah PAUD. Bantuan diserahkan manajemen dan diterima langsung oleh Direktur RS Benjamin Guluh dan Bupati Kolaka, Ahmad Safei.

"Ventilator COVENT-20 ini telah dinyatakan lulus uji klinis manusia untuk mode ventilasi CMV (Continuous Mandatory Ventilation) dan CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) dari Kementerian Kesehatan," kata Manager legal PT Ceria, Moch Kenny Rochlim dalam keterangannya, Kamis (23/7).

Adapun ventilator COVENT-20 yang disumbangkan kepada rumah sakit merupakan bagian dari kerja sama strategis antara PT Ceria Nugraha Indotama dan Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Tim FTUI dalam memproduksi ventilator COVENT-20 melibatkan sejumlah industri dan perusahaan nasional dan melibatkan peran alumni UI yang dikoordinir Cindar Hari Prabowo selaku ketua ILUNI FTUI.

"Ini merupakan bagian dari bakti kami sebagai peneliti untuk mempersembahkan riset yang tidak hanya membantu perkembangan sains dan teknologi, tetapi juga riset dan inovasi yang mendorong kemandirian bangsa dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia," kata Dekan Fakultas Teknik UI, Hendri Budianto.

COVENT-20 mampu memberikan ventilasi tekanan positif dengan mode CMV sehingga dapat digunakan sebagai alternatif untuk membantu pasien yang mengalami kesulitan bernapas dan perlu dikontrol oleh mesin. Sedangkan mode CPAP dapat membantu pemberian oksigen kepada pasien yang masih sadar dan bernapas spontan.

Di sisi lain, bantuan tersebut mendapat apresiasi dari Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengingat RS Benjamin Guluh sangat membutuhkan ventilator untuk pasien.

"Bantuan ini akan sangat membantu para tenaga medis di Rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA