Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Protes UKT, Mahasiswa UNS Segel Kampus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 20 Juli 2020, 21:09 WIB
Protes UKT, Mahasiswa UNS Segel Kampus
Mahasiswa UNS Solo/RMOLJateng
rmol news logo Aliansi UNS Bergerak sengel kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) protes uang kuliah tunggal (UKT).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Di depan pintu gerbang UNS Solo disegel dengan plastik hitam besar yang bertuliskan, "UNS Disegel Mahasiswa".

Aksi tersebut berlangsung hingga sore hari, menunggu ada perwakilan dari Rektorat UNS menemui mahasiswa. Sebelum turun ke jalan mahasiswa sudah meminta agar Rektor UNS, Jamal Wiwoho bersedia menemui mahasiswa. Meminta menggelar audensi terbuka.     

Humas aksi, Muhammad Zaki Zamani sebut salah satu tuntutan dari mahasiswa adalah kebijakan uang kuliah tunggal (UKT) selama masa pandemik virus corona baru (Covid-19) agar ada pemotongan.

"Sayang hal tersebut tidak juga direspon pihak kampus," jelas Zaki , Senin sore (20/7) seperti diberitakan Kantor RMOLJateng.

Aksi demo dengan tema #UniversitasNggaweSusah ini sengaja dipilih mahasiswa sesuai kesepakatan bersama bahwa ditengah pandemi ini justru kebijakan dari kampus sangat  menyusahkan mahasiswa.

"Bukan kebijakan yang membantu untuk meringankan beban UKT, bukan kebijakan yang membantu untuk mengefektifkan kuliah daring di tengah Covid-19. Malah kebijakan yang dikeluarkan justru memberatkan mahasiswa, kerenanya kita bawa #universitas nggawesusah yang sudah trending di twitter," tegas mahasiswa FKIP ini.

Sekitar 10 tuntutan yang diminta mahasiswa UNS dalam aksi damai tersebut. Diantaranya memberikan potongan UKT secara merata, kemudian menjamin mahasiswa yang mengajukan keringanan UKT diterima sepenuhnya.

"Termasuk menuntut jaminan implementasi pembebasan UKT bagi mahasiswa akhir. Menjamin kebebasan berpendapat. dan yang tak kalah penting efektivitas kuliah daring bisa ditinjau ulang," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihak rektorat yang diwakili oleh Wakil Rektor  III, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Kuncoro Diharjo menemui massa aksi mahasiwa yang mengusung tagar  #UniversitasNggaweSusah.

"Mari kita duduk bersama, untuk mendengar aspirasi kalian semua. Tapi saya minta jaga jarak satu  meter (physical distancing) tetap harus dijaga," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA