Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selain Bantuan Materiil, Mensos Juga Beri Dukungan Psikososial Untuk Korban Banjir Masamba

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 18 Juli 2020, 03:57 WIB
Selain Bantuan Materiil, Mensos Juga Beri Dukungan Psikososial Untuk Korban Banjir Masamba
Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara beri bantuan kepada korban banjir bandang Masamba/Istimewa
rmol news logo Kunjungan Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara ke korban banjir bandang Masamba, Luwu Utara tak hanya memberikan bantuan materiil, melainkan juga menerjunkan tim layanan dukungan psiokososial (LDP) guna memulihkan trauma pengungsi, terutama anak-anak.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Layanan ini menjadi salah satu sarana bagi anak-anak yang mengungsi agar tidak terguncang jiwanya atau mengalami stres. Pemulihan secara psikososial ini sudah dilakukan sejak hari pertama bencana banjir terjadi.

"Jadi dukungan psikososial itu adalah kontak awal. Nah, bantuan psikososial dari sejak kejadian sudah datang. Kehadiran kita sebenarnya sudah memberikan penguatan," jelas Mensos Juliari P Batubara, Jumat (17/7).

Juliari juga melakukan dialog dan melontarkan candaan kepada anak-anak di pengungsian. Mensos bahkan tidak segan menggendong anak-anak dan memberikan makanan, serta alat permainan. Sembari menghibur anak-anak di pengungsian, ia juga melakukan dialog dengan ibu-ibu di masjid samping kantor bupati yang dijadikan tempat pengungsian.

Sementara itu, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Pepen Nazaruddin mengatakan, Kemensos akan melakukan kegiatan psikososial yang terkonstruksi.

"Beberapa waktu setelah tiga minggu dari kegiatan yang sekarang, tim LDP akan memberikan lagi asesmen kira-kira bagaimana kondisinya. Kalau ternyata mereka sudah butuh kegiatan sekolah, berarti kita berkoordinasi dengan dinas pendidikan untuk membuat sekolah darurat becana dengan memperhatikan protokol kesehatan. Bisa secara online," ujarnya.

Pepen menjelaskan, adanya tim LDP ini, anak-anak di pengungsian diharapkan lebih tenang menghadapi bencana yang merusak tempat tinggal mereka.

"Tim LDP akan menjangkau seluruh wilayah terdampak banjir bandang di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, mereka bertugas memberikan rasa nyaman kepada korban banjir," tutup Pepen menyudahi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA