Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Memahami Kegelisahan Nelayan Tradisional Di Pinggir Ibukota

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 15 Juli 2020, 14:11 WIB
Memahami Kegelisahan Nelayan Tradisional Di Pinggir Ibukota
Relawan Walkwith saat berdiskusi dengan warga Kali Adem, Jakarta/Istimewa
rmol news logo Di balik gemerlap dan kemewahan ibukota, masih banyak masyarakat pinggiran yang hidup jauh dari kata sejahtera. Mereka seakan bukan bagian penting dalam kehidupan di ibukota Jakarta.

Karena itulah, pada Minggu kemarin (12/7), sebanyak 12 relawan WalkWith mengunjungi pemukiman nelayan di Kali Adem untuk melakukan diskusi mendalam mengenai beberapa aspek. Yaitu pendidikan, kesejahteraan, ekonomi, serta kesehatan dan lingkungan.

Dari 200 warga yang sudah terdata relawan, sebanyak 12 warga dipilih sebagai informan untuk membahas keempat aspek tersebut secara detail.

Hasil in-depth interview ini nantinya dijadikan data untuk pembuatan infografis WalkWith yang dapat diakses melalui www.instagram.com/walkwithorg dan blog Medium www.medium.com/walkwithorg.

Data tersebut juga akan digunakan untuk mengembangkan proyek potensial yang bertujuan untuk memajukan kesejahteraan warga Kali Adem.

“Dengan diskusi ini, kita dapat mengetahui lebih dalam bahwa banyak warga yang masih gelisah soal pendidikan dan kesejahteraan,” ucap Direktur Eksekutif TurunTangan, Raka Pramudito, melalui keterangannya, Rabu (15/7).

Tak hanya itu, langkah yang juga akan dilakukan WalkWith adalah perencanaan pembersihan sampah dan penyuluhan manajemen sampah bagi warga Kali Adem.

Proyeksi WalkWith ke depannya adalah memberikan solusi yang optimal sehingga berdampak bagi warga Kali Adem dalam aspek yang dianggap vital.

WalkWith adalah sebuah gerakan inkubasi dari organisasi nonpemerintah (NGO) TurunTangan. Misi dari gerakan ini adalah menciptakan kota inklusif dengan pemberdayaan dan keterlibatan warga masyarakat di daerah tertentu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA