Komisi X Minta Kemendikbud Luncurkan Kurikulum Darurat, Target Belajar Selama PJJ Tidak Bisa Disamakan Saat Kondisi Normal

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian/Net

Orangtua memiliki peran sentral dalam penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Sudah semestinya orangtua dan guru saling meningkatkan komunikasi agar program PJJ berjalan baik di masa pandemik ini. Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengingatkan komunikasi guru dengan orangtua agar dapat terjalin secara intensif.

“Komunikasi antar guru dan orang tua harus ditingkatkan, agar guru dapat mengerti bagaimana keadaan orangtua di rumah. Karena keadaan setiap keluarga berbeda-beda, maka tidak bisa disamaratakan. Bisa ada kebijakan-kebijakan khusus dari sekolah bagi keluarga-keluarga yang memang membutuhkan,” jelas Hetifah, dalam keterangannya, Senin (13/7) dikutip dari siaran pada laman resmi DPR RI.

Memasuki tahun ajaran baru yang dimulai pada Senin 13 Juni, politisi dari Partai Golkar ini memberikan semangat kepada semua orangtua murid dalam mendampingi anak-anaknya selama PJJ.

“Kepada para orangtua murid, saya tahu ini masa-masa yang sulit. Saya harap ini tidak terlalu menjadi beban mental untuk mencapai target-target tertentu. Kesehatan fisik maupun psikologis orangtua dan anak di masa sulit ini adalah yang paling utama,” ujarnya.

Bukan tidak mungkin orangtua menemui kendala-kendala selama PJJ, maka ia berpesan jika ada kesulitan-kesulitan yang dihadapi orangtua selama menjalani PJJ, sebaiknya dikomunikasikan kepada pihak sekolah.

Masa PJJ menjadi kian panjang karena wabah virus corona yang belum mereda. Hetifah berharap pihak sekolah telah lebih siap untuk melaksanakan PJJ ini dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya.

“Beberapa bulan ini kita semua sudah sama-sama beradaptasi, contohnya dengan penggunaan teknologi. Saya harap sekolah dan guru dapat mulai menggunakan platform-platform pembelajaran yang ada, karena berdasarkan survei banyak yang masih belum digunakan. Padahal itu sangat bermanfaat dan membantu proses pembelajaran,” jelasnya.

Karena sistem belajar yang berbeda, membuat tahun ajaran baru ini berbeda dari tahun-tahun ajaran sebelumnya. Hetifah mengatakan, persiapan dan target-targetnya juga berbeda.

“Jangan disamakan seperti saat kita dalam keadaan normal,” ujarnya, sambil mengingatkan pula untuk para guru agar tidak membebani orangtua dan siswa dalam mencapai target-target yang sulit dicapai dengan sistem PJJ. Menurutnya, guru bisa memilah mana kompetensi yang benar-benar harus dicapai siswa, mana yang bisa dikesampingkan dulu.

“Kemendikbud, saya harap bisa segera meluncurkan kurikulum darurat yang katanya sedang disusun, agar guru-guru seluruh Indonesia memiliki acuan yang sama dalam pemangkasan tersebut,” ujar Hetifah.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Sosok Mayat Mengapung di Sungai Gegerkan Warga Grobogan

Minggu, 22 November 2020
Video

Laporkan Rektor ke KPK, Frans Josua Napitu Dirumahkan oleh UNNES

Senin, 23 November 2020
Video

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang

Senin, 23 November 2020

Artikel Lainnya

Wagub DKI Positif Covid-19, Tertular Dari Staf
Nusantara

Wagub DKI Positif Covid-19, ..

29 November 2020 18:23
Raih Segudang Prestasi Di Era Anies, Pemprov DKI Diminta Tetap Rendah Hati
Nusantara

Raih Segudang Prestasi Di Er..

29 November 2020 07:51
MAA: Adat Aceh Alami Degradas Nilai
Nusantara

MAA: Adat Aceh Alami Degrada..

29 November 2020 04:25
Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1.260 Dihiasi Penghargaan MURI
Nusantara

Hari Jadi Kabupaten Malang k..

29 November 2020 02:43
Dianggap Tidak Terbuka Soal Kondisi Habib Rizieq, RS Ummi Bogor Terancam Ditutup
Nusantara

Dianggap Tidak Terbuka Soal ..

29 November 2020 01:24
Kunker Ke Papua, Panglima TNI Minta Masyarakat Tidak Lengah
Nusantara

Kunker Ke Papua, Panglima TN..

28 November 2020 23:43
Majelis Habaib Jabar Serukan Umat  Aktif Merajut Persatuan Bangsa
Nusantara

Majelis Habaib Jabar Serukan..

28 November 2020 22:45
Tim Sukses Dan Kerabat Dilibatkan Jadi Tim Pembangunan, Dedi Kurnia: Ridwan Kamil Praktikkan Nepotisme
Nusantara

Tim Sukses Dan Kerabat Dilib..

28 November 2020 20:39