Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sempat Terbengkalai Akibat Corona, Begini Penampakan Balkot Farm Kebanggaan Balaikota

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 14 Juli 2020, 00:34 WIB
Sempat Terbengkalai Akibat Corona, Begini Penampakan Balkot Farm Kebanggaan Balaikota
Balkot Farm di kawasan Balaikota Jakarta/RMOLJakarta
rmol news logo Di tengah minimnya lahan untuk bercocok tanam, urban farming hadir sebagai solusi pertanian perkotaan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dengan menggunakan media tanam yang berbeda dari konsep pertanian konvensional, kegiatan ini pun semakin digemari masyarakat.

Bahkan banyak lembaga pemerintahan dan perusahaan yang mulai melirik kegiatan urban farming tersebut. Salah satunya yang diterapkan di Balaikota DKI Jakarta. Taman yang terletak di dekat Balai wartawan tersebut diberi nama Balkot Farm.

Kendati begitu, Kepala Bidang Pertanian Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Mujiati mengatakan, perawatan di Balkot Farm relatif berkurang akibat adanya pandemik virus corona baru (Covid-19).

"Perawatan Balkot Farm selama ini mengandalkan warga masyarakat yang merupakan para penggiat urban farming di Jakarta. Namun, mereka mengurangi aktivitasnya di Balkot Farm karena kondisi pandemik ini," ujarnya, Senin (13/7).

Namun seiring berjalannya waktu, Mujiati menjelaskan, para penggiat urban farming telah kembali terpanggil untuk menata dan merawat miniatur pertanian perkotaan yang memanfaatkan ruang di areal perkantoran Balai Kota dalam dua minggu terakhir ini.

"Para pegiat urban farming ini berasal dari berbagai wilayah di Jakarta, mereka saling bahu-membahu dan bergotong-royong mulai membersihkan, menata, serta merawat kembali Balkot Farm," terangnya.

Untuk kenyamanan, di area Balkot Farm turut disediakan bangku taman dan juga saung yang dapat dipergunakan untuk sekedar duduk maupun bersantai.

Diketahui, Balkot Farm terbentuk atas inisiasi dan kolaborasi dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dinas KPKP memberikan pendampingan teknis kepada penggiat urban farming yang terlibat.

Balkot Farm juga melibatkan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta membuat dan menyebarluaskan informasi dan pengembangan teknologi Internet of Thing (IoT).

Sedangkan, Biro Umum Setdaprov DKI Jakarta dalam penyediaan lahan, dan PT Bank DKI membantu dalam pendanaan pengembangan sarana di area Balkot Farm melalui program corporate sosial responsibility (CSR).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA