Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rapid Test, 119 Penyelenggara Pemilu Kabupaten Blora Reaktif Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 09 Juli 2020, 23:26 WIB
Rapid Test, 119 Penyelenggara Pemilu Kabupaten Blora Reaktif Covid-19
Rapid test KPU Kabupaten Blora/RMOLJateng
rmol news logo Sebanyak 119 penyelenggara pemilu dinyatakan reaktif Covid-19 berdasar hasil rapid rest yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Lilik Hernanto mengungkapkan, saat ini proses pendataan terhadap hasil rapid test terhadap penyelenggara pemilu masih berlangsung.

"Yang sudah selesai 70 persen, kurang 30 persen lagi. Untuk sementara yang reaktif sebanyak 119 orang," kata Lilik, dilansir dari Kantor Berita RMOLJateng, Kamis (9/7).

Sebelumnya, sebanyak 3.968 penyelenggara pemilu yang terdiri dari petugas pemungutan suara (PPS) sekretariat PPS dan panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) menjalani rapid test serentak selama tiga hari kemarin.
 
Ketua KPU Blora, M. Khamdun mengaku, masih menunggu rekap data dari dinas kesehatan. Namun, pihaknya mengaku akan langsung mengganti petugas PPDP yang dinyatakan reaktif Covid-19 dari rapid test yang digelar kemarin.

"Kalau reaktif kita harus ada penyikapan. Kalau itu PPDP akan diganti. Kalau PPS tidak perlu diganti. Cukup isolasi dulu saja," katanya.

"Sebenarnya kita bisa saja tidak langsung mengganti yang reaktif ini dengan catatan, hasil swabnya bisa keluar cepat. Kita kan pembentukan PPDP sampai tanggal 14 besok. Kalau itu swabnya bisa keluar Minggu atau maksimal Senin maka kita bisa menggantinya saat itu," dia menjelaskan.

Lebih lanjut, Khamdun menambahkan, dari perencanaan KPU, pihaknya mematok sekitar 10 persen petugas PPDP yang reaktif.

"Yang jelas begini ya, kalau perencanaan anggaran kita. Kita mematok 10 persen reaktif. Tapi sampai saat ini kita belum tahu juga jumlahnya berapa, masih nunggu data DKK," demikian Khamdun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA