Tekan Sebaran Corona Di Lingkungan ASN, BIN Gelar Rapid Test Di Halaman Kantor Walkot Jakbar

Gubernur DKI Anies Baswedan (kiri) saat tinjau rapid test massal di halaman Kantor Walkot Jakbar/RMOL

Dalam rangka memutus rantai penularan virus corona atau Covid-19 di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN). Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar rapid test di halaman kantor Walikota Jakarta Barat.

Rapid test massal di lingkungan Walikota Jakbar ini merupakan hari kedua lantaran tingginya antusiasme warga untuk ikut rapid test.

Perwakilan BIN, Koordinator Wilayah Sub Gugus Tugas Covid-19 BIN, Sony Arifianto mengungkapkan, selama pelaksanaan rapid test massal dua hari di Halaman Kantor Walikota Jakarta Barat, antusiasme pegawai di lingkungan Walikota Jakarta Barat cukup tinggi.

Ia berharap dengan rapid test ini dapat mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Walikota Jakarta Barat.

"Pada hari ini kita melakukan rapid test yang kedua hari bekerja sama dengan Walikota Jakbar. Kita melaksanakan rapid 2 hari. Saya kira kegiatan ini untuk membantu pencegahan atau percepatan penanggulangan Covid-19," ucap Sony kepada wartawan di kantor Walikota Jakarta Barat, Rabu (9/7).

Gelaran rapid test masal diiringi swab test ini merupakan arahan langsung dari Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan guna membantu pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Walikota Jakarta Barat Rustam Effendi menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan rapid test massal gratis oleh BIN.

Rustam menyebut antusias pegawai di lingkungan Walikota Jakarta Barat sangat tinggi. Bahkan tamu yang berada di Kantor Walikota Jakarta Barat juga ikut dalam rapid test ini.

"Target keseluruhan 2.300 orang yang tercatat. Dan bukan tidak mungkin lebih dari itu karena ternyata tamu pun yang datang kesini minta di rapid. Saya koordinasi dengan pelaksana alhamdulilah bisa dipenuhi. Karena persediaan yang dibawa oleh BIN cukup untuk rapid test 2.300 lebih," katanya.

Rustam kemudian mengungkap hasil rapid test pada Rabu (8/7) kemarin, sebanyak 862 pegawai menjadi peserta dalam kegiatan ini. Dari jumlah itu, 17 orang menunjukan hasil reaktif.

"Kemarin 862 yang ikut. Dari itu 17 reaktif, ada 4 positif. Hari ini sudah masuk 600-an sudah dirapid. Reaktif 16. Nanti kita lihat hasilnya seperti apa," ucapnya.

Dalam kegiatan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat meninjau langsung lokasi rapid test. Anies juga berbincang dengan Koordinator Wilayah Sub Gugus Tugas Covid-19 BIN, Sony Arifianto dan Walikota Jakarta Barat Rustam Effendi.

Dalam pelaksanaan Rapid Test ini, BIN menyediakan 1.000 alat rapid kit, sama seperti sehari sebelumnya. Selain itu, 2 unit mobile laboraturium untuk test PCR atau swab test juga disediakan bersama 2 unit mobile ambulance.

Mobile Lab ini diperuntukan bagi masyarakat yang menunjukan hasil reaktif dari hasil rapid test. Kemampuan mobile lab ini bisa melakukan uji sampel sebanyak 300 per harinya dan bisa diketahui hasilnya selama kurang lebih 5 jam.

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Velix Wanggai: Bangun Papua, Pemerintah Lakukan Pendekatan Berbasis Adat
Nusantara

Velix Wanggai: Bangun Papua,..

05 Desember 2020 16:42
Hujan Intensitas Sedang Hingga Tinggi Berpotensi Terjadi Di Jabar Dan Sumut, BMKG Himbau Warga Waspada
Nusantara

Hujan Intensitas Sedang Hing..

05 Desember 2020 15:59
Banjir Kota Medan Sempat Merendam Ribuan Rumah Dan Puluhan Hektar Sawah
Nusantara

Banjir Kota Medan Sempat Mer..

05 Desember 2020 14:07
Terpilih Sebagai Wakil Ketua C40 Cities, Anies Baswedan Akan Memberi Arahan Strategis Pemulihan Ekonomi Kota Akibat Pandemi
Nusantara

Terpilih Sebagai Wakil Ketua..

05 Desember 2020 13:39
Jadi Jurkam ESA, Waketum AMPG Optimis Bengkalis Akan Jauh Lebih Baik
Nusantara

Jadi Jurkam ESA, Waketum AMP..

05 Desember 2020 13:18
PPK Kemayoran Komitmen Rawat 3 Relief Bandara Jejak Sejarah Penerbangan Indonesia
Nusantara

PPK Kemayoran Komitmen Rawat..

05 Desember 2020 10:17
Doni Monardo Kunjungi Kawasan Konservasi Nusakambangan, Pastikan Ekosistem Alam Terjaga
Nusantara

Doni Monardo Kunjungi Kawasa..

05 Desember 2020 10:10
Proyek Menantu Jokowi Pernah Bikin Warga Sukabumi Banjir Lumpur, Don Adam: Lalu Mau Kau Pindahkan Ke Medan?
Nusantara

Proyek Menantu Jokowi Pernah..

05 Desember 2020 09:55