Sambil Panen Ikan Nila, Panglima TNI Dan Kapolri Resmikan Kampung Tangguh Nusantara

Panglima TNI dan Kapolri saat resmikan kampung Tangguh di Tangerang/RMOL

Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan 7.024 ribu program Kampung Tangguh di Ketapang Urban, Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten.

Kampung Tangguh merupakan program Polri di setiap Polda dengan bantuan jajaran TNI untuk menjaga kesediaan pangan akibat pandemik virus corona baru (Covid-19). Peresmian dilakukan serentak oleh Polda seluruh Indonesia melalui tayangan virtual.

"Sudah kita launching terkait Kampung Sehat dan penanaman bibit ikan termasuk bibit jagung dan itupun secara serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di lokasi.

Sebelum resmi melaunching Kampung Tangguh Nusantara, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis lebih dulu memanen ikan nila salin di Ketapang Aquaculture sebidang lahan seluar 13 ribu hektare yang menjadi sarana pembudidayaan baik itu mangrove, lele hingga jagung. Bahkan keduanya menyempatkan untuk melepas bibit lele sangkuriang, jenis lele unggulan.

Hadi mengungkapkan, dibentuknya  kampung tangguh yang berjumlah tujuh ribuan di seluruh Indonesia itu merupakan salah satu program atau gagasan extraordinary penanganan pandemik Covid-19, sebagaimana instruksi dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

"Ketahanan pangan dan kampung tangguh wujud program Extraordinary seperti disampaikan Bapak Presiden beberapa waktu lalu, saya makasih seluruh pihak, TNI, Polri dan seluruh masyarakat atas kampung tangguh yang baru saja diluncurkan," kata Hadi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan kepada jajaran TNI-Polri untuk ikut serta dalam menjaga ketahanan pangan. Program yang dibuat yakni memanfaatkan lahan kantor TNI-Polri untuk menaman tumbuhan cepat panen. Seperti singkong, ubi pisang dan lain sebagainya.

"Dan juga memanfaatkan lahan-lahan masyarakat yang belum digarap salah satunya contoh yang saat ini kita saksikan dan ini adalah satu contoh yang semuanya sudah dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia," tambah Hadi.

"TNI-Polri juga membangun satu kegiatan dengan bentuk Kampung Tangguh, di mana tujuan Kampung Tangguh adalah tetap mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin melaksanakan protokol kesehatan," sambungnya.

Dengan hadirnya TNI-Polri, diharapkan kesediaan bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tetap terjaga. Program ketahanan pangan ini memanfaatkan lahan-lahan kantor TNI-Polri agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

"Salah satunya contoh yang saat ini kita saksikan dan ini adalah satu contoh yang semuanya sudah dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia khususnya di tempat-tempat kantor atau di tempa-tempat wilayah TNI-Polri termasuk tempat-tempat masyarakat yang belum digarap dengan baik," papar Hadi.

Mantan KSAU itu menyampaikan, meskipun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah dilonggarkan disejumlah daerah, tidak menjadikan protokol kesehatan dilupakan. Sebab, pandemi Covid-19 masih berlangsung. Sehingga aspek pencegahan harus tetap ditegakkan.

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Velix Wanggai: Bangun Papua, Pemerintah Lakukan Pendekatan Berbasis Adat
Nusantara

Velix Wanggai: Bangun Papua,..

05 Desember 2020 16:42
Hujan Intensitas Sedang Hingga Tinggi Berpotensi Terjadi Di Jabar Dan Sumut, BMKG Himbau Warga Waspada
Nusantara

Hujan Intensitas Sedang Hing..

05 Desember 2020 15:59
Banjir Kota Medan Sempat Merendam Ribuan Rumah Dan Puluhan Hektar Sawah
Nusantara

Banjir Kota Medan Sempat Mer..

05 Desember 2020 14:07
Terpilih Sebagai Wakil Ketua C40 Cities, Anies Baswedan Akan Memberi Arahan Strategis Pemulihan Ekonomi Kota Akibat Pandemi
Nusantara

Terpilih Sebagai Wakil Ketua..

05 Desember 2020 13:39
Jadi Jurkam ESA, Waketum AMPG Optimis Bengkalis Akan Jauh Lebih Baik
Nusantara

Jadi Jurkam ESA, Waketum AMP..

05 Desember 2020 13:18
PPK Kemayoran Komitmen Rawat 3 Relief Bandara Jejak Sejarah Penerbangan Indonesia
Nusantara

PPK Kemayoran Komitmen Rawat..

05 Desember 2020 10:17
Doni Monardo Kunjungi Kawasan Konservasi Nusakambangan, Pastikan Ekosistem Alam Terjaga
Nusantara

Doni Monardo Kunjungi Kawasa..

05 Desember 2020 10:10
Proyek Menantu Jokowi Pernah Bikin Warga Sukabumi Banjir Lumpur, Don Adam: Lalu Mau Kau Pindahkan Ke Medan?
Nusantara

Proyek Menantu Jokowi Pernah..

05 Desember 2020 09:55