Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Idul Adha, Ratusan Petugas Diterjunkan Untuk Periksa Kesehatan Hewan Kurban

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 03 Juli 2020, 09:43 WIB
Jelang Idul Adha, Ratusan Petugas Diterjunkan Untuk Periksa Kesehatan Hewan Kurban
Ilustrasi hewan kurban/Net
rmol news logo Jelang perayaan hari raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan menurunkan sebanyak 498 petugas pemeriksaan kesehatan hewan dan daging kurban.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dirinci Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni, 397 orang petugas merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 101 lainnya merupakan Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) atau berstatus non-PNS.  

"Dalam pelaksanan tugas kami juga akan didukung 76 orang dari PDHI DKI Jakarta dan 10 petugas dari Kementerian Pertanian. Jadi total ada 584 orang petugas yang akan melakukan pemeriksaan hewan dan daging kurban di Jakarta," ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (3/7).

Sejumlah persiapan menghadapi Hari Kurban pada 31 Juli 2020 mendatang juga mulai dilakukan. Di antaranya pembuatan standar operasional prosedur pedoman kurban, penyiapan fasilitas penampungan dan pemotongan hewan kurban, serta pembuatan video edukasi simulasi pemotongan hewan kurban.

"Untuk surveilans penyakit zoonosis berupa pengambilan sampel mulai dilaksanakan pada H-12 sampai hari H," sambungnya.

Hal yang menarik pada tahun ini adalah adanya imbauan khusus, mengingat Idul Adha tahun ini masih dalam situasi pandemik Covid-19, penjualan hewan kurban dimaksimalkan melalui sistem daring.

"Pemotongan hewan kurban di daerah padat penduduk dan zona merah juga akan diarahkan ke Rumah Potong Hewan dan fasilitas pemotongan," jelas Darjamuni

"Kami juga berkoordinasi dengan para walikota dan bupati untuk penetapan lokasi tempat penampungan dan pemotongan hewan kurban," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA