Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Tips Agar Sampah Plastik Di Ibukota Tak Terus Bertambah Selama Pandemik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 01 Juli 2020, 12:26 WIB
Ini Tips Agar Sampah Plastik Di Ibukota Tak Terus Bertambah Selama Pandemik
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pandemik Covid-19 punya dampak lain selain menggerus perekonomian dan kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah peningkatan jumlah sampah plastik di ibukota.

Salah satu penyebabnya adalah karena masyarakat belakangan lebih memilih berbelanja secara daring.

"Selama pandemik ini memang terjadi peningkatan frekuensi berbelanja secara daring, baik layanan antar makanan siap saji ataupun belanja online berbentuk paket," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI, Andono Warih, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (1/7).

Untuk itu, Andono mengimbau masyarakat agar mengurangi timbunan sampah plastik tersebut dengan menjalankan tips belanja daring ramah lingkungan.

"Seperti mendukung penjualan dan produk tanpa pembungkus plastik, meminta penjual untuk mengurangi pembungkus plastik, membeli barang dalam kemasan besar atau satukan bermacam daftar belanjaan dalam satu pembelian," jelasnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang larangan kantong plastik sekali pakai di mal, swalayan, hingga pasar yang berlaku efektif mulai hari ini, Rabu 1 Juli 2020.

Larangan yang tertuang di Pergub Nomor 142/2019 diteken Anies pada 27 Desember 2019 dan diundangkan pada 31 Desember 2019 lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA