Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

CFD Diperuntukkan Olahraga, Bukan Kongkow-kongkow!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 26 Juni 2020, 02:58 WIB
CFD Diperuntukkan Olahraga, Bukan Kongkow-kongkow!
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo/RMOL
rmol news logo Sebanyak 32 kawasan yang tersebar di 5 wilayah Ibukota disiapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjadi area masyarakat dalam berolahraga pada akhir pekan ini sebagai pengganti Car Free Day (CFD) dikawasan Sudirman-Thamrin.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil evaluasi kegiatan CFD pada pekan kemarin.

Namun nantinya di 32 kawasan tersebut hanya pesepeda yang diizinkan beraktivitas. Sementara untuk pejalan kaki tidak diperbolehkan.

"Sebagaimana diketahui dari hasil evaluasi HBKB kemarin, itu ternyata terjadi penumpukan oleh pejalan kaki sehingga dari sisi physical distancing, jaga jarak aman itu terabaikan," katanya saat dihubungi pada Kamis (25/6).

"Nah oleh sebab itu, kita coba memecah ke 32 lokasi dan harapannya dengan kita membagi ke sana tentu tidak akan ada penumpukan," sambungnya.

Syafrin menegaskan bahwa alasan mengapa pejalan kaki dilarang lantaran  untuk meminimalisir kerumunan orang.

Sedangkan menurutnya pesepeda lebih aman berkegiatan karena terus bergerak sehingga alurnya lebih mudah dikendalikan.

"Dan ini juga pesan buat warga, jika dibuka ruang publik oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan peruntukannya untuk olahraga, ya kita juga harusnya menaati itu dan tidak menjadi ajang kongkow-kongkow," tegasnya.

Adapun bagi pejalan kaki yang kedapatan di lokasi, petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan aparat TNI Polri akan menindak tegas dengan membubarkan.

"Total untuk anggota yang kami siapkan untuk 32 anggota ini ada 1.526 di 32 lokasi titik, terdiri dari Dishub 639 orang, Satpol PP 755, kemudian TNI Polri 132," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA