Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sasar PPSU Dan Pekerja Lepas, Sandiaga Uno Gelar Rapid Test Di Jakarta Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 23 Juni 2020, 18:36 WIB
Sasar PPSU Dan Pekerja Lepas, Sandiaga Uno Gelar Rapid Test Di Jakarta Timur
Sandiaga Uno meninjau rapid test di Jakarta Timur/Net
rmol news logo Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 (RIB) terus bergerak membantu pemerintah menangani virus yang belum ditemukan vaksinya itu.

Kali ini RIB yang dikomandoi Sandiaga Uno, menggelar rapid test massal di Lippo Plaza Kramat Jati, Kelurahan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Rapid test ini untuk masyarakat umum, Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan pekerja lepas di wilayah kelurahan dan kecamatan Kramat Jati.

Dalam rapid test ini, RIB menyiapkan dua mobil lab untuk tes PCR atau swab test dan dua mobil ambulan. Swab Test ini diperuntukan bagi warga yang reaktif Covid-19.

Mobil laboratorium RIB ini dapat mengambil 320 sampel per hari. Adapun, hasil swab test bisa diketahui hanya dalam 3 jam.

Sandiaga mengatakan, rapid test massal yang diselenggarakan ini merupakan hasil kerja sama Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Pemerintah Kota Jakarta Timur, Dinas Kesehatan Jakarta Timur, unsur kepolisian dan TNI serta Badan Intelijen Negara (BIN).

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemprov DKI. Saya ikut memastikan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan jumlah testing karena ini bagian dari 3T (testing, tracing dan threating),” ujar Sandiaga, Selasa (23/6).

Sandiaga menegaskan saat ini Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 membantu penerintah dalam meningkatkan jumlah pengetesan Covid-19 hingga mencapai 25.000 per hari sesuai target pemerintah. Kawasan padat penduduk menjadi target utama yang dilakukan pengetesan oleh RIB.

“Nantinya yang reaktif langsung kita uji PCR di mobil laboratorium milik RIB. InsyaAllah tentunya jika ada yang positif akan kita sembuhkan dan dirujuk ke Wisma Atlet Kemayoran atau rumah sakit rujukan lainnya,” kata Sandiaga.

Lebih lanjut, kata dia, saat ini banyak lembaga yang menyediakan uji cepat dengan berbayar. Padahal, target rapid test ini adalah wilayah padat penduduk yang sebagian merupakan warga yang tidak mampu.

“Untuk itu, saya menghimbau seluruh elemen masyarakat bersatu padu dan bahu membahu dalam membantu pemerintah meningkatkan jumlah pengetesan ini,” jelasnya.

Dalam rapid test massal ini, RIB menyiapkan 700-1.000 alat rapid test. RIB juga tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam pelaksanaan di setiap kegiatan, termasuk rapid test massal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA