Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jubir Covid-19: Jalankan Protokol Kesehatan Dengan Baik, Jangan Pulang Membawa Penyakit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 20 Juni 2020, 22:21 WIB
Jubir Covid-19: Jalankan Protokol Kesehatan Dengan Baik, Jangan Pulang Membawa Penyakit
Jurubicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto/RMOL
rmol news logo Kedisiplinan terhadap protokol kesehatan di masa penerapan tatanan hidup baru atau new normal diharapkan mampu dijadikan komitmen oleh masyarakat.

Jurubicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyampaikan hal itu, karena melihat angka kasus positif yang masih cukup banyak pertambahannya pada hari ini, yaitu mencapai 1.226, dan akumulasi tembus ke angka 45.029 kasus.

"Kita harus memperkuat komitmen kita untuk mematuhi protokol kesehatan, menjaga jarak sekarang agaknya menjadi kebiasaan yang baru. Karena kita tidak pernah tahu siapa yang membawa virus di sekitar kita," ujar Achmad Yurianto dalam jumpa pers di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (20/6).

Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan ini menyebutkan, menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan, menjadi poin penting dari pencegahan virua corona.

Protokol kesehatan inilah, kata Achmad Yurianto, ampuh untuk mencegah penularan virus corona, terlebih bagi balita, anak-anak, hingga orang-orang dewasa dan orang tua yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

"Ini menjadi sangat penting untuk kita. Apabila kita sakit maka sangat besar peluangnya kita menjadi sumber penularan di rumah kita, yang mungkin ada orang yang sudah lanjut usia memiliki penyakit komorbid, ada anak-anak kita yang masih balita mungkin. Mereka-mereka inilah yang harus selalu kita fikirkan setiap saat untuk kita lindungi," tegasnya.

Lebih lanjut, Achmad Yurianto menekankan kepada masyarakat yang sudah memulai aktivitas diluar rumah pada masa New Normal ini, untuk terus berhati-hati dan menrapkan protokol kesehatan dengan displin. Bahkan ia mengimbau untuk tidak pulang ke rumah, jika tidak bisa memastikan dirinya aman dari Covid-19.

"Oleh karena itu setelah kita bepergian, melaksanakan aktivitas di luar rumah karena memang kita harus produktif, jalankan protokol ini dengan baik. Jangan pulang membawa penyakit," ucapnya.

"Kalaupun kita tidak menyadari bahwa kita terpapar virus ini, setelah sampai rumah segera membersihkan badan, segera ganti baju, segera bersihkan peralatan yang kita bawa dari luar sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga di rumah," demikian Achmad Yurianto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA