Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sedang Siapkan Langkah Protokoler, Wayan Koster Tegaskan Bali Belum Buka Arus Wisatawan Internasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 19 Juni 2020, 12:18 WIB
Sedang Siapkan Langkah Protokoler, Wayan Koster Tegaskan Bali Belum Buka Arus Wisatawan Internasional
Gubernur Bali Wayan Koster/Net
rmol news logo Kasus transmisi local Covid-19  yang meningkat beberapa hari belakangan membuat Bali harus menahan diri untuk membuka arus pariwisatanya dan fokus pada upaya percepatan penanggulangan pandemik Covid-19.

Namun begitu, Gubernur Bali Wayan Koster menegaskan bahwa Bali telah menyiapkan langkah-langkah protokol kesehatan sekiranya sektor pariwisata mulai dibuka kembali.

“Melihat situasi di Bali secara umum, sesuai perkembangan Covid-19 yang masih dinamis, masih cukup tinggi di beberapa wilayah di Bali, maka dari sisi kesehatan saya bersama tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid, melihat dan mengambil sikap bahwa Bali memang belum layak dan belum kondusif untuk membuka arus pariwisata. Namun, kami telah menyiapkan langkah-langkah protokol kesehatan sekiranya sektor pariwisata mulai dibuka,” tegas Koster, dikutip dari laman resmi Pemprov Bali, Kamis (18/6).

Ditegaskan Koster, Pemprov Bali tetap merancang berbagai langkah protokol menghadapi tata kehidupan baru (new normal) termasuk perencanaan kapan dan bagaimana penerapan protokol saat dibukanya sektor pariwisata.

Di antaranya mulai 9 Juli pariwisata akan dibuka khusus hanya untuk masyarakat lokal Bali saja, itu pun pada beberapa sektor tertentu. Jika selanjutnya situasi kondusif, maka kemudian dilanjutkan pada Agustus untuk wisatawan domestik nusantara.

“Kemudian jika kondisi semakin membaik, barulah untuk wisatawan internasional. Rencananya dibuka mulai September,” jelas Koster.

“Sekali lagi saya tegaskan, ini baru ancang-ancang, bukan jadwal yang pasti akan dilaksanakan. Jadi atau tidaknya, akan sangat tergantung situasi dan dinamika perkembangan Covid-19 di Lapangan,” lanjut Koster.

Ia mengungkapkan tidak ingin terjadi gelombang kedua dan mengajak semua pihak dengan penuh kesadaran menciptakan situasi Bali yang benar-benar kondusif dan aman dari Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA