Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gubernur Sumbar: Kampung Tangguh Di Payakumbuh Akan Jadi Role Model Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 19 Juni 2020, 11:50 WIB
Gubernur Sumbar: Kampung Tangguh Di Payakumbuh Akan Jadi Role Model Nasional
Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno bersama dengan Kapolda Kapolda Sumbar, Irjen Toni Hermanto, dan Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Arief Gajah Mada/Net
rmol news logo Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno bersama dengan Kapolda Kapolda Sumbar, Irjen Toni Hermanto, dan Danrem 032 Wirabraja, Brigjen TNI Arief Gajah Mada melakukan kunjungan ke Kampung Tangguh.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Sumbar mengatakan, pihaknya mendukung penuh operasional Kampung Tangguh yang sangat mendukung tugas pemerintah dalam penanganan Covid-19.

"Kami akan rapatkan dan diskusikan dengan Kapolda Sumbar dan Danrem, sebagai bentuk apresiasi dari pemprov, kami akan support dan motivasi Kampung Tangguh Payakumbuh ini sehingga dapat memotivasi daerah-daerah lain di Sumbar untuk melahirkan Kampung Tangguh serupa lainnya. Kami jadikan role model di Sumbar bahkan di nasional, layak," kata Irwan, Jumat (18/6).

Total ada tiga Kampung Tangguh di Payakumbuh yang dikunjungi, pertama ada di Kelurahan Limbukan di Payakumbuh Selatan, kemudian di Kelurahan Payobasuang di Payakumbuh Timur, dan Kelurahan Koto Panjang Padang dan Koto Panjang Dalam di Nagari Koto Panjang, Kecamatan Latina.

Selain mengecek Kampung Tangguh, rombongan gubernur dan kapolda serta danrem juga meninjau standar pelayanan maupun protokol kesehatan di Gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), Pelayanan Kepolisian Dalam Satu Atap, dalam rangka pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK).

Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut kapolda juga meresmikan Taman Pangan Terpadu Polres Payakumbuh yang merupakan program Polri Peduli Ketahanan Pangan serta membagikan paket sembako.

"Sembako yang disiapkan sebanyak 100 paket, masing-masing paket terdiri dari beras lima kilogram, jeruk, telur ayam, telur itik, cabai, terong, ubi, dan tomat," ungkap Toni.

Kegiatan kemudian, dilanjutkan dengan meninjau posko, sarana prasarana, dapur umum, lumbung pangan, taman pangan, panel data posko. Pada kesempatan ini juga dilakukan pemberian bantuan alat pelindung diri (APD) untuk mencegah virus corona.

Sementara itu, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan, Kampung Tangguh Covid-19 Perumnas Kubang Gajah di Limbukan, Payakumbuh Selatan, dijadikan role model adaptasi menuju tatanan new normal di Payakumbuh.

"Kampung yang didirikan sejak akhir Maret secara swadaya oleh warga ini telah berhasil mencegah penularan Covid-19, mampu mendisiplinkan warga, mengatasi dampak sosial dan ekonomi bahkan telah berhasil menurunkan angka kejahatan karena posko ini berkerja 1×24 jam," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA