Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sungai Citanduy Meluap, 120 Rumah Warga Ciamis Terendam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 19 Juni 2020, 10:44 WIB
Sungai Citanduy Meluap, 120 Rumah Warga Ciamis Terendam
Salah satu rumah warga di Cikopeng, Kecamatan Panumbangan, Ciamis yang terendam luapan sungai Citanduy/Istimewa
rmol news logo Hujan deras yang mengguyur Ciamis sejak Kamis kemarin (18/6) membuat Sungai Citanduy meluap karena tak mampu menampung debit air yang sangat besar.

Akibat luapan Sungai Citanduy, tanggul yang berada di Dusun Cikopeng, Desa Kertaharja, Kecamatan Oanumbangan, Kabupaten Ciamis jebol, Jumat dinihari (19/6) sekira pukul 01.30 WIB.

Kepala Dusun Cikopeng, Enceng Edi Kurnia menjelaskan, panjang tanggul yang jebol antara 3 meter hingga 10 meter. Akibatnya 120 rumah terendam air setinggi lutut orang dewasa.

“Merendam 120 kepala keluarga dengan jumlah jiwa 456 jiwa,” jelasnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Selain rumah, lanjutnya, pesawahan warga sekitar 50 hektare dan 50 kolam ikan pun ikut terendam. Dengan ketinggian sekitar 70 cm. Hingga Jumat pagi, air masih belum surut.

“Warga antisipasi, menyelamatkan barang-barangnya ke dalam kamar yang sudah dimodifikasi. Memang di sini sering terjadi banjir jadi warga sudah membuat kamar yang ditinggikan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pada lima bulan lalu tanggul di wilayahnya sempat jebol namun segera dapat perbaikan. Tetapi karena hujan deras sejak Kamis siang kemarin, Sungai Citanduy pun meluap hingga membuat tanggul yang sudah diperbaiki itu kembali jebol.

“Kami berharap ada perbaikan tanggul dan rumah warga, dan air cepat surut. Serta mudah-mudahan tidak ada lagi bencana ke depannya,” pungkas dia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA