Jika Dipercaya KPU, Bulog Siap Distribusikan Perlengkapan Pilkada Ke Seluruh Tanah Air

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik bertukar cinderamata dengan Direktur Pengadaan Bulog, Mayjend TNI (Purn) Wibisono Poespitohadi/Net

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) siap mendukung Pilkada Serentak 2020. Bulog bersedia mendistribusikan peralatan pilkada yang rencananya akan digelar 9 Desember.

Bulog dinilai memiliki kapasitas dalam mendukung distribusi seluruh peralatan pilkada di berbagai daerah. Jajaran Bulog juga siap bersinergi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pelaksanaan teknis distribusi peralatan pilkada di lapangan.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik mengatakan hal itu dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (17/6).

Menurut Akmal, kemarin dirinya sempat menggelar pertemuan dengan Direktur Pengadaan Bulog, Mayjend TNI (Purn) Wibisono Poespitohadi kantor Ditjen Otda Kemendagri. Ada banyak hal yang dibahas. Salah satunya, jika dipercaya KPU, Bulog siap untuk ikut mendistribusikan logistik atau perlengkapan pendukung pilkada.

"Bulog dan seluruh jajarannya, siap mendukung dan menyukseskan program pilkada pada 9 Desember nanti. Bulog akan memanfaatkan pergudangan dan kekuatan distribusinya di seluruh tanah air," ungkap Akmal.

Akmal menyambut baik niat Bulog. Hanya saja, untuk urusan logistik pilkada, sepenuhnya itu adalah otoritas penyelenggara. Pemerintah tidak ikut campur, terkait siapa nanti yang dipercaya komisi pemilihan untuk mendistribusikan logistik dan perlengkapan pilkada.

Sebelumnya, kemarin usai pertemuan dengan Dirjen Otda Kemendagri, Direktur Pengadaan Bulog, Mayjend TNI (Purn) Wibisono Poespitohadi, mengatakan, selama ini perusahaan telah mendistribusikan bantauan Covid-19 sekitar 3 juta lokasi yang bersifat door to door. Dengan begitu, menurutnya, apabila dalam kegiatan pilkada ini Bulog dilibatkan secara penuh, kemungkinan tidak begitu sulit untuk mendukung pilkada.

“Bagi Bulog tidak sulit, karena saat ini juga sudah distribusikan bantuan covid19 sekitar 3 juta titik sumbangan door to door,” katanya.

Direktur Pengadaan Bulog, Mayjend TNI (Purn) Wibisono Poespitohadi menyebutkan, apabila nanti Bulog dipercaya KPU, maka distribusi perlengkapan pemilu, surat suara, Alat Pelindung Diri (APD) kesehatan dan lain lainnya diharapkan berjalan optimal.

"Apabila dukungan ini terealisasi, dan pilkada berjalan sukses, sehingga bisa membuktikan pada dunia bahwa negara Indonesia mampu dengan baik menjalankan hajat demokrasi pilkada," ujarnya.

Menurut Wibisono, selama ini keberadaan gudang Bulog merupakan obyek vital nasional. Dengan begitu, diharapkan proses pendistribusian perlengkapan pilkada berjalan aman.

"InsyaAllah aman dari gangguan dan yang paling penting mampu mewujudkan sinergi antar pelaksana negara dengan baik," tutupnya.

Kolom Komentar


Video

Wanita Terbakar Dalam Mobil di Sukoharjo, Diduga Korban Pembunuhan

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

DENDI RAMADHONA DAN PESAWARAN

Rabu, 21 Oktober 2020
Video

Diduga Melanggar, Bawaslu Panggil Calon Bupati Semarang

Kamis, 22 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Sugianto Sabran Kumpul Bareng Ulama, UAS: Silaturahmi Penting Untuk Kuatkan Barisan Islam
Nusantara

Sugianto Sabran Kumpul Baren..

23 Oktober 2020 05:55
Temui Bupati Zaki, Pedagang keliling Kabupaten Tangerang Minta PSBB Tidak Diperketat
Nusantara

Temui Bupati Zaki, Pedagang ..

23 Oktober 2020 03:35
Pemprov Jawa Barat Masih Kaji Sanksi Bagi Penolak Vaksi Covid-19
Nusantara

Pemprov Jawa Barat Masih Kaj..

23 Oktober 2020 02:52
600 Marinir Satgas Unras Kembali Ke Lampung
Nusantara

600 Marinir Satgas Unras Kem..

23 Oktober 2020 02:38
SMART Luncurkan Call Center Untuk Pilkada Tangsel Bersih Dari Pelanggaran
Nusantara

SMART Luncurkan Call Center ..

23 Oktober 2020 01:54
Perkiraan Ridwan Kamil: Covid-19 Akan Berakhir Pada Tahun 2022
Nusantara

Perkiraan Ridwan Kamil: Covi..

23 Oktober 2020 00:31
AMPG Lampung Rayakan HUT Ke-56 Partai Golkar Dengan Donor Darah
Nusantara

AMPG Lampung Rayakan HUT Ke-..

22 Oktober 2020 23:55
Gandeng MUI, Pemkab Purwakarta Keluarkan Surat Edaran Protokol Kesehatan Di Saat Cuti Bersama
Nusantara

Gandeng MUI, Pemkab Purwakar..

22 Oktober 2020 22:32