Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dokter Tertular Pasien Covid-19 Dari Jakarta, Pelayanan Puskesmas Ditutup

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 15 Juni 2020, 23:18 WIB
Dokter Tertular Pasien Covid-19 Dari Jakarta, Pelayanan Puskesmas Ditutup
Ilustrasi
rmol news logo Puskesmas Tirtayasa Kabupaten Serang tutup sementara dari tanggal 13-19 Juni 2020, usai satu dokter dan dua tenaga kesehatan (nakes) dinyatakan positif Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penutupan dilakukan usai ada satu orang pasien positif Covid-19 yang kabur dari Penjaringan, Jakarta, kemudian menulari 18 orang, termasuk satu orang dokter dan dua tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas tersebut.

Pasien tersebut kabur dari Jakarta dan pulang ke rumah keluarganya di Tirtayasa, pada 28 Mei 2020 silam.

"Iya Puskesmas Tirtayasa tutup sementara selama tujuh hari," kata Jubir Gugus Tugas percepatan Covid-19 Kabupaten Serang Agus Sukmayadi, dilansir dari Kantor Berita RMOLBanten, Senin (15/6).

"Untuk penyebabnya dari warga Penjaringan, Jakarta. Tetapi apakah sengaja kabur untuk menghindari isolasi atau bepergian ke Kabupaten Serang karena status OTG, perlu di dalami lagi motifnya," imbuhnya.

Tenaga medis yang terpapar Covid-19 dari pasien positif yang kabur itu sudah dilakukan perawatan dan isolasi di RSUD Banten, sebagai rumah sakit rujukan.

"Ada satu dokter dan dua paramedis yang terkonfirmasi positif. Untuk nakes di rawat di RS Banten," ujarnya.

Selama penutupan, pelayanan kesehatan di alihkan ke Puskesmas Pontang dan Tanara. Ketiga daerah itu sudah berdekatan dengan wilayah Kabupaten Tangerang.

Penutupan dilakukan untuk menghindari penularan lebih banyak lagi kepada masyarakat umum. Selama ditutup, Puskesmas disemprot disinfektan oleh BPBD Kabupaten Serang.

"Betul massa inkubasi 14 hari, tetapi untuk sterilisasi ruang sudah memadai selama tujuh hari, dengan ketentuan nakes yang terkonfirmasi positif sudah di isolasi, nakes yang lain sudah dilakukan RT (rapid test) maupun swab untuk PCR terkonfirmasi negatif," jelasnya.

Pihaknya meminta Puskesmas melakukan protokol kesehatan ketat bagi pengunjung. Hal ini dilakukan agar pelayanan kesehatan terhadap masyarakat tidak terganggu.

Sebelumnya sempat diberitakan bahwa satu pasien positif Covid-19 melarikan diri dari Jakarta. Dia kabur ke Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten, dan menulari 18 orang. Dia menjadi salah satu penyebab Kabupaten Serang kini menjadi zona merah penularan Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA