Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beli PCR Dari China Seharga Rp 3,3 Miliar, Bupati Garut: Kualitasnya Dijamin Bagus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 15 Juni 2020, 20:36 WIB
Beli PCR Dari China Seharga Rp 3,3 Miliar, Bupati Garut: Kualitasnya Dijamin Bagus
Bupati Garut, Rudy Gunawan/RMOL
rmol news logo Pemda Garut resmi memiliki laboratorium swab test di RSUD dr Slamet. Kendati masih baru, laboratorium langsung beroperasi mulai hari ini.

Bupati Garut, Rudy Gunawan menjadi yang pertama melakukan swab test di laboratorium tersebut. Rudy menyebut, nantinya hasil swab test bisa diketahui dalam waktu 12 jam.

“Kami sudah punya PCR dan kapasitas uji sampelnya itu sebanyak 20 per 20 jam. Jadi bisa lebih cepat mengetahui hasil swab,” kata Rudy di RSUD dr Slamet Garut, Senin (15/6).

Biasanya untuk mengetahui hasil swab memerlukan waktu hingga 20 hari. Waktu tersebut cukup lama sehingga menyulitkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk melakukan pelacakan jika ada pasien yang positif.

Untuk alat Polymerase Chain Reaction (PCR) sendiri telah dibeli Pemda seharga Rp 3,5 miliar.

“Jadi nanti tidak usah ke Bandung. Bisa swab di sini. Ini agak terlambat (operasional laboratorium) karena barangnya telat. Ini barangnya didatangkan dari China. Kualitasnya dijamin bagus,” ucapnya dilansir Kantor Berita RMOLJabar.

Rudy menambahkan, saat menjalani swab test beberapa waktu lalu ia harus menunggu hingga delapan hari. Waktu yang terlalu lama itu tentu sangat membuat khawatir karena belum diketahui hasilnya.

“Nanti laboratorium ini diisi sama enam petugas termasuk dokter radiologinya. Di Priangan Timur, kami yang pertama punya alat ini. Kalau dari luar mau ikut tes bisa di sini,” ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA