Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kolaborasi Dengan ITS, Protelindo Berbagi Donasikan Robot RAISA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 15 Juni 2020, 00:05 WIB
Kolaborasi Dengan ITS, Protelindo Berbagi Donasikan Robot RAISA
Robot RAISA (Robot medical Assistant ITS Airlangga)/Net
rmol news logo Pandemik Covid-19 yang masih mewabah mendorong PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) melalui program Protelindo Berbagi untuk ikut ambil bagian dalam menanggulangi dampak Covid-19.

Kali ini, Protelindo Berbagi hadir dengan memberikan donasi di Jawa Timur, mengingat wilayah tersebut saat ini menjadi epicentrum Covid-19.

Berkolaborasi dengan ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Protelindo Berbagi mendonasikan tiga buah Robot RAISA (Robot medical Assistant ITS Airlangga) kepada Rs Dr Soetomo Surabaya dan RS Saiful Anwar, Malang.

Robot pelayan pasien Covid-19 ini bisa melakukan komunikasi dua arah sehingga dapat menanyakan keluhan pasien dan juga bisa mengambil suhu temperatur.

Robot ini sendiri dioperasikan oleh operator dan dilengkapi dengan sensor, sehingga bisa berjalan sesuai arah yang ditentukan.

"Semoga Robot Raisa dan bantuan APD yang kami berikan ini dapat memberikan dukungan secara maksimal kepada para petugas medis yang sedang bertugas.” ujar Direktur Protelindo, Indra Gunawan saat dikonfirmasi, Minggu (14/6).

Sementara itu Rektor ITS, Mochamad Ashari mengatakan
Robot RAISA adalah produk inovasi yang dibuat berdasar kebutuhan rumah sakit. Robot ini bisa membantu tenaga kesehatan dalam melaksanakan tugas rutin tanpa menurunkan kualitas terhadap pasien Covid-19.

"Robot ini sangat diperlukan rumah sakit rujukan Covid-19, dan akan sangat membantu untuk mengurangi frekuensi dan durasi interaksi antara tenaga kesehatan dengan pasien Covid-19. Dengan demikian pada akhirnya bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 terhadap tenaga medis," jelasnya.

Protelindo Berbagi juga akan mendonasikan 2000 APD lengkap dengan faceshield, 5000 buah masker medis kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan juga akan mendonasikan 1000 APD lengkap dengan faceshield beserta 1000 buah masker medis kepada KODAM V Brawijaya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA