Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambangi Zona Merah, RIB Lawan Covid-19 Gelar Rapid Test Massal Di GOR Pademangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 14 Juni 2020, 16:39 WIB
Sambangi Zona Merah, RIB Lawan Covid-19 Gelar Rapid Test Massal Di GOR Pademangan
Sandiaga Uno (kiri) dan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19/Net
rmol news logo Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Lawan Covid-19 terus bergerak membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan pandemik Covid-19.

Kali ini, RIB menggelar rapid test di Gelanggang Olahraga (GOR) Pademangan RT 08 RW 012 Kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Utara.

Rapid test ini ditargetkan untuk para masyarakat umum, para petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU), anggota Satpol Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Jakarta Utara.

Dalam rapid test ini, disiapkan dua mobil lab untuk tes PCR atau swab test dan dua mobil ambulance. Swab Test ini diperuntukan bagi warga yang reaktif Covid-19.

Mobile Lab RIB tersebut dapat mengambil 320 sampel per hari. Adapun, hasil swab test bisa diketahui hanya dalam 3 jam.

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Salahudin Uno meninjau langsung rapid test massal ini. Sandiaga didampingi Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan Camat Pademangan Mumut Mujahid.

Sandiaga mengatakan, rapid test massal yang diselenggarakan ini merupakan hasil kerja sama Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Pemerintah Kota Jakarta Utara, Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Polres Jakarta Utara, TNI dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Sedangkan Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara dipilih sebagai lokasi karena kecamatan ini merupakan salah satu zona merah di wilayah DKI Jakarta.

“Saat ini, fokus RIB adalah mendatangi wilayah-wilayah ataupun lokasi yang tingkat penyebarannya sangat tinggi, terutama yang berada di wilayah-wilayah zona merah," ujar Sandiaga di Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (12/6/).

"Kegiatan ini adalah bukti gerak cepat dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemerintah Kota Jakarta Utara dalam penanganan wabah Covid-19,” imbuhnya.

Sandiaga menegaskan, rapid test ini merupakan salah satu bagian dari tatanan kehidupan baru atau new normal. Hal ini sesuai dengan protokol kesehatan yang tengah dijalankan pemerintah pemerintah saat ini.

“Jadi kita ingin menghimbau kepada seluruh anggota masyarakat jangan khawatir untuk melakukan tes. Karena ini akan menjadi bagian dari keseharian kita. Secara rutin akan dites untuk semua aktivitas sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Dalam rapid test massal ini, RIB menyiapkan 1.000 alat rapid test dan 39 tenaga medis.

RIB juga tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam pelaksanaan di setiap kegiatan, termasuk rapid test massal.

Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengaku bersyukur mendapatkan bantuan rapid test massal dari Sandiaga Uno.

Menurutnya, rapid test ini menjadi salah satu upaya dalam mengurangi penyebaran wabah Covid-19 di DKI Jakarta, khususnya Jakarta Utara.

“Kami berharap Relawan Indonesia Bersatu terus melakukan upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19. Nantinya, orang yang terindikasi positif Covid-19 akan dirujuk ke Wisma Atlet Kemayoran,” jelas Ali. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA