Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Percepat Penanganan Covid-19, UI Dapat Kucuran Dana Riset Dan Inovasi Senilai Rp 8,1 Miliar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 12 Juni 2020, 13:20 WIB
Percepat Penanganan Covid-19, UI Dapat Kucuran Dana Riset Dan Inovasi Senilai Rp 8,1 Miliar
Rektor UI Prof Ari Kuncoro/Net
rmol news logo Dana riset dan inovasi untuk penanganan virus corona baru (Covid-19) diberikan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) kepada Universitas Indonesia (UI).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, dana yang diberikan pada tahap pertama ini sebesar Rp 8,1 miliar, yang tercantum di dalam Surat Keputusan Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 1/KCovid.19/Kp./V/20, tanggal 17 Mei 2020.

Dana ini pun sudah diserahterimakan oleh Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, Ph.D. kepada Rektor UI Prof Ari Kuncoro, SE., MA, Ph.D, pada Kamis (11/6) secara daring.

Dalam acara penyerahan tersebut, Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan, UI sebagai salah satu anggota konsorsium sudah berkontribusi secara signifikan.

Atas dasar kontribusinya itu, kampus negeri ternama ini menerima pendanaan riset Covid-19 yang terbesar.

"Kami membagi program konsorsium riset dan inovasi Covid-19 menjadi lima klasifikasi, yaitu, pencegahan; screening dan diagnosa obat dan terapi, alat kesehatan dan pendukung, sosial humaniora," ujar Bambang Brodjonegoro.

Pendanaan sebesar Rp 8,1 miliar tersebut akan digunakan oleh para peneliti dari 24 judul proposal riset dan inovasi. Tujuannya, mempercepat penanganan Covid-19 melalui berbagai fakultas yang ada di UI.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UI Prof Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kemenristek/BRIN atas dukungannya kepada para peneliti UI dalam menghasilkan terobosan inovasi dan penelitian berkenaan dengan Covid-19.

"Kolaborasi ini merupakan bentuk kolaborasi triple helix antara perguruan tinggi dengan pemerintah, yang semakin terbangun dengan baik. Di tengah situasi darurat akibat pandemik Covid-19," ucap Ari Kuncoro.

"UI siap menghasilkan inovasi yang manjawab kebutuhan masyarakat Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan Covid-19, dengan memberikan luaran produk/kajian dari peneliti UI," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA