Angkasa Pura II Siapkan Fasilitas Touchless, Mulai Smart Helm Hingga Wastafel Otomatis

Petugas Avsec menguji coba smart helm yang bisa membaca suhu tubuh pengunjung bandara/Ist

Sejumlah fasilitas tanpa sentuhan (touchless) telah disiapkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjelang penerapan new normal pandemik Covid-19.

Fasilitas tersebut dipersiapkan untuk menjaga kelancaran aktivitas di bandara bagi personel, maupun pengunjung bandara dan penumpang pesawat dengan tetap mengedepankan upaya pencegahan Covid-19.

“Sejumlah fasilitas touchless di Soekarno-Hatta sudah dapat digunakan. Fasilitas tersebut nantinya juga digunakan di bandara lain yang dikelola PT Angkasa Pura II,” kata President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (8/6).

Ada beberapa fasilitas tanpa sentuhan yang tengah diuji di bandara Soeta berkenaan dengan aspek keamanan, salah satunya smart helmet yang digunakan oleh personel aviation security (Avsec) di terminal penumpang.

"Kami berharap penggunaan smart helmet ini dapat memperketat pengawasan di tengah pandemik,” jelas Muhammad Awaluddin.

Helm ini dapat memberikan informasi mengenai suhu tubuh orang, mode pengenal wajah, pengenal plat kendaraan, night vision/facility inspection, QR code scanner, dan mengidentifikasi titik panas.

Selain itu, terdapat pula body scanner/body inspection machine yang dioperasikan di security check point 2 untuk memeriksa penumpang pesawat tanpa bersentuhan. Penumpang pesawat cukup masuk ke dalam mesin body scanner untuk diperiksa mesin, apakah penumpang masih membawa barang tersembunyi atau tidak. Hasil pemeriksaan akan diinformasikan di layar monitor.

Fasilitas lainnya yakni travelation. Melalui sistem ini, calon penumpang pesawat sebelum tiba di bandara bisa mengunggah dokumen yang dipersyaratkan seperti hasil rapid test yang diperiksa secara digital.

Kemudian Virtual Customer Assistant (VICA). Dengan fasilitas ini, masyarakat dapat bertanya langsung mengenai berbagai berbagai informasi dan pelayanan di bandara-bandara AP II secara virtual atau tanpa tatap muka langsung.

Di Terminal 2 dan Terminal 3 juga terdapat penyesuaian tombol elevator/lift yang dapat ditekan menggunakan alas kaki. Penyesuaian ini dilakukan untuk menghindari sentuhan langsung dari orang ke tombol lift.

Eskalator dan travelator di Terminal 3 Soekarno-Hatta juga dilengkapi UV Sterilizer untuk menghilangkan virus, bakteri, dan kuman di handrail. Alat pembersih ini terus bekerja dan difungsikan secara touchless guna mensterilkan handrail, mencegah penyebaran Covid-19.

Terakhir yakni wastafel otomatis. Pengguna cukup menaruh tangan di bawah keran, lalu air akan mengalir. Di seluruh terminal juga terdapat mesin hand sanitizer otomatis yang dapat digunakan dengan cara sama dengan wastafel otomatis.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Ular Piton 3,5 Meter Ditangkap Usai Mangsa Ternak Warga Boyolali

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Sari Rogo Dan Kerikil Agrowisata Unila

Selasa, 01 Desember 2020
Video

Anies Baswedan Positif Covid-19

Selasa, 01 Desember 2020

Artikel Lainnya

Velix Wanggai: Bangun Papua, Pemerintah Lakukan Pendekatan Berbasis Adat
Nusantara

Velix Wanggai: Bangun Papua,..

05 Desember 2020 16:42
Hujan Intensitas Sedang Hingga Tinggi Berpotensi Terjadi Di Jabar Dan Sumut, BMKG Himbau Warga Waspada
Nusantara

Hujan Intensitas Sedang Hing..

05 Desember 2020 15:59
Banjir Kota Medan Sempat Merendam Ribuan Rumah Dan Puluhan Hektar Sawah
Nusantara

Banjir Kota Medan Sempat Mer..

05 Desember 2020 14:07
Terpilih Sebagai Wakil Ketua C40 Cities, Anies Baswedan Akan Memberi Arahan Strategis Pemulihan Ekonomi Kota Akibat Pandemi
Nusantara

Terpilih Sebagai Wakil Ketua..

05 Desember 2020 13:39
Jadi Jurkam ESA, Waketum AMPG Optimis Bengkalis Akan Jauh Lebih Baik
Nusantara

Jadi Jurkam ESA, Waketum AMP..

05 Desember 2020 13:18
PPK Kemayoran Komitmen Rawat 3 Relief Bandara Jejak Sejarah Penerbangan Indonesia
Nusantara

PPK Kemayoran Komitmen Rawat..

05 Desember 2020 10:17
Doni Monardo Kunjungi Kawasan Konservasi Nusakambangan, Pastikan Ekosistem Alam Terjaga
Nusantara

Doni Monardo Kunjungi Kawasa..

05 Desember 2020 10:10
Proyek Menantu Jokowi Pernah Bikin Warga Sukabumi Banjir Lumpur, Don Adam: Lalu Mau Kau Pindahkan Ke Medan?
Nusantara

Proyek Menantu Jokowi Pernah..

05 Desember 2020 09:55