Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Angkasa Pura II Siapkan Fasilitas Touchless, Mulai Smart Helm Hingga Wastafel Otomatis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 09 Juni 2020, 02:57 WIB
Angkasa Pura II Siapkan Fasilitas <i>Touchless</i>, Mulai Smart Helm Hingga Wastafel Otomatis
Petugas Avsec menguji coba smart helm yang bisa membaca suhu tubuh pengunjung bandara/Ist
rmol news logo Sejumlah fasilitas tanpa sentuhan (touchless) telah disiapkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjelang penerapan new normal pandemik Covid-19.

Fasilitas tersebut dipersiapkan untuk menjaga kelancaran aktivitas di bandara bagi personel, maupun pengunjung bandara dan penumpang pesawat dengan tetap mengedepankan upaya pencegahan Covid-19.

“Sejumlah fasilitas touchless di Soekarno-Hatta sudah dapat digunakan. Fasilitas tersebut nantinya juga digunakan di bandara lain yang dikelola PT Angkasa Pura II,” kata President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (8/6).

Ada beberapa fasilitas tanpa sentuhan yang tengah diuji di bandara Soeta berkenaan dengan aspek keamanan, salah satunya smart helmet yang digunakan oleh personel aviation security (Avsec) di terminal penumpang.

"Kami berharap penggunaan smart helmet ini dapat memperketat pengawasan di tengah pandemik,” jelas Muhammad Awaluddin.

Helm ini dapat memberikan informasi mengenai suhu tubuh orang, mode pengenal wajah, pengenal plat kendaraan, night vision/facility inspection, QR code scanner, dan mengidentifikasi titik panas.

Selain itu, terdapat pula body scanner/body inspection machine yang dioperasikan di security check point 2 untuk memeriksa penumpang pesawat tanpa bersentuhan. Penumpang pesawat cukup masuk ke dalam mesin body scanner untuk diperiksa mesin, apakah penumpang masih membawa barang tersembunyi atau tidak. Hasil pemeriksaan akan diinformasikan di layar monitor.

Fasilitas lainnya yakni travelation. Melalui sistem ini, calon penumpang pesawat sebelum tiba di bandara bisa mengunggah dokumen yang dipersyaratkan seperti hasil rapid test yang diperiksa secara digital.

Kemudian Virtual Customer Assistant (VICA). Dengan fasilitas ini, masyarakat dapat bertanya langsung mengenai berbagai berbagai informasi dan pelayanan di bandara-bandara AP II secara virtual atau tanpa tatap muka langsung.

Di Terminal 2 dan Terminal 3 juga terdapat penyesuaian tombol elevator/lift yang dapat ditekan menggunakan alas kaki. Penyesuaian ini dilakukan untuk menghindari sentuhan langsung dari orang ke tombol lift.

Eskalator dan travelator di Terminal 3 Soekarno-Hatta juga dilengkapi UV Sterilizer untuk menghilangkan virus, bakteri, dan kuman di handrail. Alat pembersih ini terus bekerja dan difungsikan secara touchless guna mensterilkan handrail, mencegah penyebaran Covid-19.

Terakhir yakni wastafel otomatis. Pengguna cukup menaruh tangan di bawah keran, lalu air akan mengalir. Di seluruh terminal juga terdapat mesin hand sanitizer otomatis yang dapat digunakan dengan cara sama dengan wastafel otomatis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA