Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gandeng Ormas Salurkan Bansos Ke Warga Terdampak Corona, GAMKI Apresiasi Mensos Juliari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 08 Juni 2020, 23:20 WIB
Gandeng Ormas Salurkan Bansos Ke Warga Terdampak Corona, GAMKI Apresiasi Mensos Juliari
Mensos saat datang ke DPP GAMKI salurkan bantuan Sembako/RMOL
rmol news logo Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) mengapresiasi Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara karena menggandeng berbagai institusi dan kelompok masyarakat dalam mendistribusikan bantuan sosial (Bansos) kepada warga terdampak pandemik virus corona (Covid-19).

Beberapa organisasi kemasyarakatan (ormas) yang dilibatkan antara lain Pemuda Muhammadiyah, Gerakan Pemuda Ansor, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), dan Pemuda Katolik.

Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat MP Sinurat menyampaikan terimakasih kepada Presiden melalui Menteri Sosial atas kepercayaan yang diberikan sehingga GAMKI bisa terlibat dalam penyaluran bantuan Sembako kepada masyarakat yang kurang mampu dan terdampak Covid-19.

"Terimakasih kepada Bapak Presiden dan Mensos telah melibatkan GAMKI dalam penyaluran bantuan sembako. Ketua Umum Willem Wandik telah memberikan arahan agar kami melakukan pendataan siapa saja masyarakat yang membutuhkan bantuan," kata Sahat yang juga merupakan Penanggung Jawab Program Pembagian Sembako, Senin (8/6).

Sahat mengapresiasi karena program pembagian Bansos sembako itu tidak hanya melibatkan GAMKI, namun juga beberapa ormas lainnya. Hal ini sebagai bentuk solidaritas dari generasi muda lintas agama untuk membantu pemerintah dan masyarakat.

"Tidak hanya GAMKI yang menyalurkan tapi juga bersama teman-teman, antara lain DPP KNPI yang diketuai oleh Ketua Umum Noer Fajrieansyah, GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, dan Pemuda Katolik. Artinya tidak hanya GAMKI tapi bersama-sama dengan pemuda lintas agama bersama-sama menyalurkan bantuan ini," sambung Sahat.

Saat menyerahkan bantuan sembako Presiden kepada Dewan Pimpinan Pusat GAMKI di Jakarta pada hari Jumat, 5 Juni 2020, Mensos Juliari P Batubara mengatakan bahwa pemerintah meyakini ada banyak warga terdampak yang belum disentuh oleh pemerintah.

Untuk itu, Juliari memilih menggandeng organisasi kemasyarakatan yang memiliki jejaring sosial yang jelas untuk memudahkan kerja pemerintah dalam mendistribusikan bansos.

"Kami percaya, kami harus bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan, terutama organisasi kemasyarakatan yang sudah punya nama dan jaringan seperti GAMKI. Ini akan memudahkan pekerjaan kami di pemerintah dalam menyalurkan bantuan-bantuan sosial sehingga lebih tepat sasaran," kata Mensos Juliari saat mengunjungi kantor DPP GAMKI.

Dalam pemberian bantuan tersebut hadir perwakilan DPP GAMKI antara lain, Ketua MPO GAMKI Michael Wattimena, Sekretaris Umum Sahat MP Sinurat, Wakil Ketua Umum Sherly Wattimena, Wasekum Petrus Sihombing, Wasekum Yanuserius Zega, Ketua Bidang Hubungan Gereja Pdt. Andriyas Tuhenay, Ketua Bidang DPD GAMKI DKI Jakarta Rapen Sinaga, dan Sekretaris DPD Jakarta Richard Saragi.

Turut mendampingi Mensos, Staf Ahli Menteri Bidang Aksesibilitas Sosial Sonny W. Manalu, Direktur Kerjasama Strategis dan Kelembagaan PT Pos Indonesia (Persero) Noer Fajrieansyah, dan Direktur Komersial PT Pos Indonesia (Persero) Charles Sitorus.

Usai serah terima bantuan sembako dari Mensos, DPP GAMKI menyatakan langsung mendistribusikan kepada DPD GAMKI DKI Jakarta dan DPC GAMKI se-Jabodetabek. Bansos itu kemudian didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Selain pembagian bantuan Presiden melalui Kementerian Sosial ini, Sahat menjelaskan bahwa GAMKI juga telah aktif melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kegiatan GAMKI yang sudah berjalan antara lain Dapur Umum GAMKI, Layanan Konseling Psikologis dan Pastoral, serta pembentukan Relawan Pemuda Untuk Desa Siaga COVID-19 yang sudah terbentuk di 350 desa di seluruh Indonesia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA