Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jatim Dan Jakarta Masih Masuk 5 Besar Provinsi Dengan Tambahan Kasus Terbanyak, Ini Datanya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 06 Juni 2020, 20:53 WIB
Jatim Dan Jakarta Masih Masuk 5 Besar Provinsi Dengan Tambahan Kasus Terbanyak, Ini Datanya
Jubir penanganan Covid-19, Achmad Yurianto/Ist
rmol news logo Kasus positif virus corona baru (Covid-19) hari ini kembali melonjak hingga sebanyak 993 orang, yang dimana Jawa Timur dan DKI Jakarta masih masuk peringkat 5 besar provinsi yang paling banyak tambahan kasusnya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jurubicara pemerintah Achmad Yurianto mengungkapkan, berdasarkan data yang ia himpun sejak Jumat (5/6) kemarin hingga Sabtu (6/6) pukul 12.00 WIB hari ini, tambahan kasus paling banyak berada di Jawa Timur.

"Kenaikan tertinggi pada hari ini kita dapatkan dari pemeriksaan di Jawa Timur sebanyak 286 kasus, meskipun pada hari yang sama Jawa Timur juga melaporkan kasus sembuh sebanyak 154 kasus," ujar Achmad Yurianto di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (6/6).

Peringkat kedua tambahan kasus positif terbanyak berada di DKI Jakarta sebanyak 104 orang. Tapi dilaporkan Achmad Yurianto bahwa Ibukota juga mendapat tambahan kasus sembuh sebanyak 85 orang.

"DKI Jakarta berdasarkan kajian yang kita dapatkan dari data, sebagian (kasus positif) diperoleh dari hasil tracing yang dilaksanakan secara agresif terhadap kontak positif, ditambah lagi dengan pekerja migran Indonesia yang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta," jelas Achmad Yurianto.

Sementara itu, untuk 3 daerah lain yang mendapatkan tambahan terbanyak antara lain Papua sebanyak 87 orang kasus baru, Sulawesi Utara 79 orang kasus baru, dan Sumatera Utara 68 orang kasus baru.

Selain itu, Achmad Yurianto juga menyebutkan 6 provinsi yang mendapatkan banyak kasus sembuh dibanding tambahan kasus positifnya.

Diantaranya Banten ada 36 kasus baru tapi 41 sembuh, Kalimantan Barat ada 10 kasus baru tapi 15 sembuh, Kalimantan Timur ada 10 kasus baru tapi 22 sembuh, Kepulauan Riau ada 4 kasus baru tapi 12 sembuh, Kalimantan Utara ada 1 kasus baru tapi 12 sembuh, serta Bengkulu nihil kasus baru tapi ada 12 orang sembuh.
 
"Oleh karena itu total sembuh yang kita akumulasikan adalah 464 orang dengan totalnya menjadi 9.907 orang," demikian Achmad Yurianto.

Hingga hari ini, pemerinah telah melakukan tes sebanyak 394.086 spesimen. Hari ini terdapat 13.095 spesimen tambahan yang sudah diperiksa.

Dari pemeriksaan itu didapatkan kasus baru tekonfirmasi positif Covid-19 baru sebanyak 993 orang, sehingga totalnya menjadi 30.514 orang. Sementara pasien meninggal hari ini bertambah 31 orang, sehingga totalnya menjadi 1.801 orang.

Dari 421 kabupaten kota yang sekarang terdampak di 34 provinsi, dilakukan pemantauan dan pelacakan (tracing) terhadap 46.571 orang dalam pemantauan (ODP), dan pengawasan terhadap pasien dalam pengawasan (PDP) yang sebanyak 13.347 orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA