Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ulang Tahun Bung Karno, Ahok Sampaikan Saatnya Indonesia Bergotong Royong Saling Menguatkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 06 Juni 2020, 14:29 WIB
Ulang Tahun Bung Karno, Ahok Sampaikan Saatnya Indonesia Bergotong Royong Saling Menguatkan
Postingan Ahok di media sosial tentang hari lahir Soekarno
rmol news logo Untuk sebagian orang, hari ini merupakan hari istimewa. Hari ini, 119 tahun yang lalu telah lahir laki-laki bernama Koesno Sosrodihardjo yang kemudian seluruh dunia mengenalnya sebagai Soekarno, yang menjadi presiden pertama Republik Indonesia.

Di hari ulang tahun Soekarno hari ini, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menulis dalam postingan Instagramnya beserta unggahan foto Sang Proklamator.

Bulan Juni, bulan istimewa, selain hari lahirnya Pancasila, jg merupakan bulan lahirnya Proklamator RI Ir. Soekarno (6 Juni). Jika merujuk situasi saat ini, memang sdh seharusnya kita menggunakan Pancasila sbg pendoman bagi kita unt bergotong royong bersama saling menguatkan.


Soekarno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901. Nama Koesno yang diberikan orangtuanya diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bharata Yudha yaitu Karna.

Nama "Karna" menjadi "Karno" karena dalam bahasa Jawa huruf "a" berubah menjadi "o" sedangkan awalan "su" memiliki arti "baik", mengutip Wikipedia.

Di kemudian hari ketika menjadi presiden, ejaan nama Soekarno diganti olehnya sendiri menjadi Sukarno karena menurutnya nama tersebut menggunakan ejaan penjajah (Belanda). Dalam perjalannya, semua orang memanggilnya 'Bung Karno'.

Ia tetap menggunakan nama Soekarno dalam tanda tangannya karena tanda tangan tersebut adalah tanda tangan yang tercantum dalam Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang tidak boleh diubah, selain itu tidak mudah untuk mengubah tanda tangan setelah berumur 50 tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA