Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masjid Fatahillah Balaikota DKI Kembali Gelar Jumatan Hari Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 05 Juni 2020, 11:15 WIB
Masjid Fatahillah Balaikota DKI Kembali Gelar Jumatan Hari Ini
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat meninjau masjid Fatahillah Balaikota beberapa waktu lalu/RMOL
rmol news logo Seiring dengan arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang mengizinkan rumah ibadah kembali dibuka, Masjid Fatahillah yang berada di Balaikota DKI Jakarta akan kembali menggelar shalat Jumat pada hari ini (5/6).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berdasarkan pengumuman yang tertera di dinding masjid, shalat Jumat akan dilaksanakan bergiliran sebanyak dua shift. Gelombang pertama dilaksanakan pada pukul 12.00 sampai dengan 12.45 WIB untuk pegawai yang berada di Lantai Ganjil Gedung Balaikota.

"Kedua dilaksanakan pada pukul 13.00 sampai dengan 13.45 WIB untuk pegawai yang berada di Lantai Genap Gedung Balaikota," demikian bunyi pengumuman tersebut.

Dilaksanakannya shalat Jumat 2 shift tersebut mengikuti rekomendasi Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia Provinsi DKI Jakarta melalui Fatwa Hukum dan Pedoman tentang Hukum dan Panduan Shalat Jumat lebih dari Satu Kali Pada Saat Pandemik Covid-19

Pelaksanaan shalat Jumat lebih dari satu kali, baik dilakukan dalam satu masjid atau banyak masjid, disebut dengan istilah Ta’addud al-jumuah.

"Dalam hal menyelenggarakan shalat Jumat dalam situasi pandemik Covid-19 di mana kapasitas masjid hanya boleh diisi 50 persen jemaah yang menyebabkan masjid tidak cukup menampung jemaah, maka shalat Jumat boleh dilakukan dengan ketentuan Ta’addud al-jumuah lebih dari satu masjid dalam satu kawasan," ungkap Ketua bidang Fatwa MUI DKI Jakarta, Zulfa Mustofa MY, Rabu lalu (3/6).

Selain itu, DKM Masjid Fatahillah Balaikota juga meminta kepada para jemaah shalat Jumat untuk menerapkan protokol yang telah ditetapkan. Di antaranya berwudhu dari tempat masing-masing, menggunakan masker, membawa sajadah dan atau Al Quran masing-masing.

Selanjutnya membawa plastik/tas untuk menyimpan sandal/sepatu masing-masing, senantiasa menjaga jarak (Social Distancing) dan menghindari kerumunan; serta tidak bermushofahah (bersalam-salaman). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA