102 Kabupaten/Kota Dapat Lampu Hijau Tetapkan New Normal, Ini Sektor Yang Dibuka

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo/Net

Sebanyak 102 kabupaten/kota yang belum ada kasus infeksi virus corona baru atau Covid-19 mendapat lampu hijau untuk menerapkan tatanan hidup baru atau new normal.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, ratusan daerah itu dapat diberikan kewenangan untuk memulai pra-kondisi new normal.

"Berdasarkan laporan yang diterima Ketua Gugus Tugas, kebijakan tersebut telah direspons baik oleh pemimpin daerah di 102 kabupaten/kota," ujar Doni melalui keterangan resmi di Gedung Graha BNPB, Kamis malam (4/6).

Para pimpinan daerah, lanjut Doni Monardo, telah dan tengah mengupayakan persiapan new normal dengan seksama. Beberapa hal yang dilakukan adalah berkoordinasi dengan semua kelompok dan komponen masyarakat.

Namun bagi daerah lain yang sudah terdampak Covid-19 dan masih terus berupaya menekan angka positif, Gugus Tugas terus berupaya mendorong perbaikan kondisi.

"Hingga saat ini kita sudah bisa menekan laju peningkatan kasus di beberapa daerah, meskipun di beberapa daerah lainnya masih belum maksimal," jelasnya.

Kepala BNPB ini menekankan bahwa pelaksanaan new normal harus terencana dengan menjalankan berbagai tahapan. Diantaranya waktu yang tepat, sektor yang diprioritaskan, koordinasi yang ketat antara pusat dan daerah, serta monitoring dan evaluasi.

"Untuk memastikan terlaksananya tahapan tersebut diperlukan pengawasan dan pengendalian agar tercapai masyarakat produktif dan aman Covid-19," tegas Doni Monardo.

Namun untuk mengantisipasi krisis sosial dan ekonomi yang dirasakan masyarakat terdamapk Covid-19, pemerintah bakal mempersilahkan 102 kabupaten/kota tersebut untuk membuka 9 sektor.

Sembilan sektor yang ditetapkan untuk dibuka kembali meliputi pertambangan, perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian dan peternakan, perikanan, logistik dan transportasi barang.

Berdasarkan keputusan yang diambil pemerintah, sembilan sektor tersebut dinilai memiliki risiko ancaman Covid-19 yang rendah, namun menciptakan lapangan kerja yang luas dan mempunyai dampak ekonomi yang signifikan.

Karean menurut Doni Monardo, dampak dari kondisi pandemi ini dapat memicu masalah baru yang berujung pada menurunnya imunitas, sehingga masyarakat rentan terhadap paparan virus corona baru yang menjadi penyebab infeksi Covid-19.

"Dampak dari kehilangan pekerjaan ini akan mengurangi daya beli masyarakat sehingga tidak mampu mendapatkan asupan makanan bergizi yang dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga berisiko terpapar Covid-19," paparnya.

"Presiden Joko Widodo telah menugaskan Ketua Gugus Tugas untuk menyampaikan pembukaan kembali sektor yang memiliki dampak positif terhadap hajat hidup orang banyak," pungkas Doni Monardo menambahkan.

Kolom Komentar


Video

Negara yang Ditakuti Yahudi di Timur Tengah Cuman Dua, Iran dan Turki

Rabu, 16 September 2020
Video

Orang Yahudi Bikin Terowongan untuk Beribadah di Bawah Masjid Al-Aqsa

Rabu, 16 September 2020

Artikel Lainnya

Tingkatkan Pemahaman Penanganan Tanggap Darurat, PMI Cirebon Beri Pelatihan Bagi Masyarakat
Nusantara

Tingkatkan Pemahaman Penanga..

18 September 2020 21:54
Tidak Patut Dicontoh, Oknum Anggota FKDM Paksa Makan Di Tempat  Secara Arogan
Nusantara

Tidak Patut Dicontoh, Oknum ..

18 September 2020 20:37
Berkas Lengkap, Hendi-Ita Siap Lawan Kotak Kosong Di Pilwakot Semarang
Nusantara

Berkas Lengkap, Hendi-Ita Si..

18 September 2020 19:40
Cegah Klaster Perkantoran, Perusahaan Diminta Laporkan Kasus Positif Covid-19 Di Lingkungan Kerja
Nusantara

Cegah Klaster Perkantoran, P..

18 September 2020 19:20
Pemerintah Sudah Siapkan Teknis Pemindahan Dana Taperum PNS, Tapera 2021 Siap Beroperasi
Nusantara

Pemerintah Sudah Siapkan Tek..

18 September 2020 19:02
Dari 'Warga Miskin Amerika' Hingga Jadi Istri Gubernur, Kunci Atalia Kamil: Bersyukur
Nusantara

Dari 'Warga Miskin Amerika' ..

18 September 2020 16:11
Bareng Deddy Corbuzier Dan Ryan D'Masiv, MRT Jakarta Sosialisasi Gerakan Peduli 3M
Nusantara

Bareng Deddy Corbuzier Dan R..

18 September 2020 15:27
Konferensi Besar GP Ansor Di Sulut Dibuka Presiden, Gubernur Olly Sampaikan Pentingnya Kerukunan Dan Sinergisitas
Nusantara

Konferensi Besar GP Ansor Di..

18 September 2020 15:25