Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berbeda Dengan Masjid Pusdai, Masjid Raya Bandung Belum Gelar Shalat Jumat Sampai PSBB Berakhir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 05 Juni 2020, 09:03 WIB
Berbeda Dengan Masjid Pusdai, Masjid Raya Bandung Belum Gelar Shalat Jumat Sampai PSBB Berakhir
Masjid Raya Bandung masih tunggu PSBB berakhir baru kembali gelar shalat Jumat berjamaah/Net
rmol news logo Sejak PSBB Proporsional diterapkan di Kota Bandung, pemerintah telah mengizinkan kembali tempat ibadah dibuka untuk umum.
Namun demikian, meski berada di satu kota yang sama Masjid Pusdai Jabar, Masjid Raya Bandung (MRB) belum memutuskan untuk menggelar shalat Jumat pada hari ini.
Ketua DKM Masjid Raya Bandung, Muchtar Gandaatmaja menjelaskan, Masjid Raya Bandung kemungkinan baru akan menggelar shalat Jumat berjamaah pada Jumat depan (12/6) atau bertepatan dengan berakhirnya Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) proporsional di Kota Bandung.

“Hari ini belum ada shalat Jumat. Tapi Sabtu kita mulai membuka shalat wajib saja, shalat fardhu. Shalat Jumat InsyaAllah, kalau nggak ada perubahan, Jumat 12 Juni, sejalan dengan masa akhir PSBB,” beber Muchtar, Jumat (5/6).

Ia menjelaskan, pelaksanaan shalat wajib berjamaah untuk umum akan mulai dibuka pada Sabtu besok (6/6) dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang sangat ketat, serta menempatkan petugas untuk melakukan cek suhu tubuh.

“Nanti hari Sabtu InsyaAllah dibuka untuk publik dimulai dengan shalat Dzuhur, adzan dan qomat dikeraskan ke pengeras suara, tapi tidak diumumkan. Pintu dibuka dan kamar mandi dibuka,” tambahnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Menurut Muchtar, dari pelaksanaan shalat zuhur berjamaah besok, bakal menjadi gambaran untuk pelaksanaan shalat Jumat berjamaah pekan depan. Serta kegiatan pengajian umum dan majelis taklim. Dia pun berharap jemaah yang hadir dalam shalat berjamaah itu tak lebih dari 400 orang.

“Rutin hari Senin sampai Jumat itu ada paling banyak seribu orang, kalau normal. Kalau Sabtu dan Minggu itu bisa 2 ribu sampai 3 ribu jemaah. Kalau Jumat kan berat, itu bisa 13 ribu. Prediksi hari Sabtu menurut saya mudah-mudahan tidak lebih dari 400 lah,” ucapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA