Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kabupaten Pati Berdayakan Pemudik Nganggur Pada Bidang Pertanian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 03 Juni 2020, 14:14 WIB
Kabupaten Pati Berdayakan Pemudik Nganggur Pada Bidang Pertanian
Aktifitas petani panen padi/Net
rmol news logo Sebanyak 23 ribu pengangguran yang merupakan pemudik terdampak Covid-19 di Kabupaten Pati rencananya akan dialihkan ke bidang pertanian.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Jadi 23 ribu tersebut merupakan orang-orang yang kemarin mudik dari kota. Yang mana mereka tidak dapat kembali lagi,” kata Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, dilansir dari Kantor Berita RMOLJateng, Rabu (3/6).

Menurutnya, para pengangguran itu tidak memiliki skill kemampuan dan mungkin telah di-PHK dari tempatnya bekerja.

"Di satu sisi kita punya investor yang masuk, mereka pun bisa masuk. Dan apa yang kita punya saat ini adalah pertanian dan peternakan," paparnya.

Kendati demikian, upaya ini menurut Safin tidaklah mudah. Pihaknya juga telah memberikan pengarahan kepada Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati terkait masalah ini.

"Sebab Dispertan ini merupakan pihak yang menjaga pangan bagi kita. Pangan di Kabupaten Pati produksinya cukup baik di tengah pandemi seperti ini. Mulai dari beras, unggas, kambing, sapi dan seterusnya," bebernya.

Sambungnya, hal tersebut perlu didorong terus supaya tetap berproduksi.

Dia merasa ada rasa was-was dan kekhawatiran dari pihak-pihak yang bergerak di sektor pertanian maupun peternakan untuk beraktivitas produktif. Meskipun saat ini, pemerintah tengah menyiapkan kebiajakan new normal agar ekonomi tidak terganggu.

"Memang kita harus melakukan aktivitas dengan cara-cara baru, dengan cara disiplin kesehatan. Yaitu wajib memakai masker, kemudian cuci tangan. Dan hal utama adalah jaga jarak," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA