Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesan Anies Baswedan Untuk ASN: Tetap Tangguh Meski TKD Berkurang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 29 Mei 2020, 14:09 WIB
Pesan Anies Baswedan Untuk ASN: Tetap Tangguh Meski TKD Berkurang
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria/RMOL
rmol news logo Pandemik Covid-19 yang tengah mewabah tak hanya berdampak kepada kesehatan, namun juga perekonomian. Akibatnya, pemasukan Pemprov DKI Jakarta dari pajak pun terkena imbasnya.

Pendapatan pajak tersebut diketahui merosot dari Rp 50,17 triliun menjadi Rp 22,5 triliun atau tinggal 45 persen. Pun demikian dengan anggaran Pemprov DKI yang semula Rp 87,9 triliun menjadi Rp 47,2triliun atau tersisa 53 persen.

Dalam kondisi yang demikian, Pemprov DKI pun terpaksa melakukan relokasi anggaran dengan melakukan pemangkasan di berbagai sektor, tak terkecuali anggaran belanja pegawai yang dikurangi sebesar Rp 4,3 triliun.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui video yang diunggah lewat akun YouTube Pemprov DKI menjelaskan, Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) ASN Pemprov DKI Jakarta yang besarannya 25% direlokasi untuk mengamankan anggaran bansos dan 25% berikutnya ditunda pemberiannya karena dialihkan untuk darurat penanganan Covid-19. Namun untuk Gaji ASN tidak ada perubahan.

"Saya ingin ingatkan kepada semua bahwa kita adalah penyelenggara negara. Tugas kita adalah melindungi rakyat. Keselamatan rakyat adalah prioritas nomor satu. Dalam kondisi apapun, sikap kita harus jelas. Menomorsatukan rakyat daripada diri sendiri, apalagi dalam kondisi penuh cobaan seperti sekarang ini," jelas Anies, Jumat (29/5).

Untuk itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun memerintahkan kepada semua ASN di Pemprov DKI Jakarta bersikap sebagai penyelenggara negara yang memiliki jiwa ksatria, tangguh, tabah, tidak lembek dan tak lunglai menghadapi cobaan.

"Ya, anggaran kita turun, pendapatan kita berkurang. Ya, TKD kita berkurang. Tapi kita tetap penuh komitmen untuk terus bekerja bagi rakyat Jakarta. Jangan pernah luntur, jangan goyah, jangan lesu," tegasnya.

"Tunjukkan di depan keluarga, di depan kolega, di depan warga semua, dalam kondisi penuh cobaan seperti ini, ASN DKI Jakarta tangguh," demikian Anies Baswedan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA