Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Didampingi Ariza, Anies Tinjau Kesiapan Puskesmas Jelang PSBB Berakhir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 29 Mei 2020, 11:53 WIB
Didampingi Ariza, Anies Tinjau Kesiapan Puskesmas Jelang PSBB Berakhir
Gubernur DKI, Anies Baswedan, didampingi Wagub Ariza Patria meninjau langsung kesiapan fasilitas kesehatan jika PSBB akhirnya tak dilanjutkan/Istimewa
rmol news logo Memasuki pekan terakhir Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria ingin memastikan kesiapan fasilitas kesehatan yang ada hingga tingkat kelurahan.

Salah satunya dengan mengunjungi Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur. Hadir pula dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti.

“Jadi pagi ini saya dan Pak Wagub meninjau kesiapan puskesmas di Kecamatan Kramat Jati. Kita menyadari bahwa ini adalah pekan penentuan apakah pembatasan sosial akan diteruskan atau dituntaskan," ujar Anies, Jumat (29/5).

"Bila dituntaskan, artinya kita mulai masuk masa transisi. Di masa transisi ini masyarakat mulai berkegiatan di luar meskipun masih terbatas,” sambungnya, usai melakukan peninjauan.

Jika PSBB dituntaskan, maka Pemprov DKI harus siap dengan konsekuensi di mana aktivitas masyarakat perlahan mulai kembali normal. Termasuk interaksi langsung antarorang yang merupakan salah satu penyebab penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut yang mendasari Anies untuk memastikan kesiapan fasilitas kesehatan dan tenaga medis.

“Kita tahu virusnya menular lewat interaksi, bila ada yang terpapar maka beban terbesar yang akan menghadapi adalah jajaran tim kesehatan," jelas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Berdasarkan peninjauan di Puskesmas Kramat Jati, Anies memastikan bahwa DKI Jakarta telah memiliki fasilitas kesehatan yang memadai hingga tingkat Puskesmas.

“Jadi, kami lihat di Kramat Jati, tenaga medisnya siap, fasilitasnya siap, bahkan APD sudah disiapkan lebih dari 2.000. Alhamdulillah dari sini tampak bahwa fasilitas kesehatan Jakarta siap dan insyaAllah bila nanti ternyata ini (PSBB) penghabisan kita mulai transisi, maka pertahanan kesehatannya sudah disiapkan,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA