Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sesuai Arahan Presiden, Pangkogabwilhan II Bersama Gubernur Khofifah Tinjau RS Darurat Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 28 Mei 2020, 19:07 WIB
Sesuai Arahan Presiden, Pangkogabwilhan II Bersama Gubernur Khofifah Tinjau RS Darurat Covid-19
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendampingi Pangkogabwilhan II, Marsekal Muda Imran Baidirus di Rumah Sakit Lapangan atau RS Darurat Covid-19/Istimewa
rmol news logo Peninjauan penanganan Covid-19 dilakukan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama dengan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II), Marsekal Muda Imran Baidirus di Rumah Sakit Lapangan atau RS Darurat Covid-19 di halaman Puslitbang Humaniora, Jalan Indrapura Nomor 17, Surabaya, Kamis (28/5).

Pangkogabwilhan II, Marsekal Muda Imran Baidirus mengatakan, kunjungan tersebut sesuai arahan Presiden kepada TNI untuk terlibat dalam menangani pandemik Covid-19.

"Saya ditunjuk khusus oleh Panglima TNI untuk mengkoordinasikan bagaimana membantu Pemerintah Daerah, supaya kita lebih fokus untuk menangani pandemik Covid-19 yang sekarang episentrumnya ada di Surabaya," ujarnya.

Pihaknya pun akan segera berkoordinasi dengan Pemda terkait dengan bantuan yang akan diberikan. Namun pada prinsipnya, bantuan akan diberikan berupa tim medis, hingga dapur umum yang saat ini sudah ada di beberapa wilayah di Jatim.

"TNI juga siap menurunkan prajurit dalam hal pengamanan, nanti bagaimana, seperti apa, kita akan siap mendukung. Seperti itu," tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, saat ini total kapasitas RS Darurat atau Lapangan Covid-19 mencapai 200 orang dan bisa di maksimalkan hingga 500 orang. RS Lapangan ini diperuntukkan bagi pasien Covid-19 kategori ringan hingga sedang.

Namun demikian, kelengkapan alat medis, keamanan dan keselamatan tenaga medis tetap menjadi perhatian. Di sisi fasilitas kesehatan telah disiapkan 4 buah ventilator dan ribuan APD guna memaksimalkan layanan pada masyarakat. Bahkan, untuk tenaga kesehatan dan keluarganya, telah disiapkan pula kamar-kamar khusus di area RS Lapangan tersebut.

“Kita siapkan juga ICU, ventilator, hingga sarana pemulasaraan di belakang juga kita siapkan,” imbuh Khofifah.

Selain Gubernur Khofifah, turut mendampingi pada kegiatan tersebut antara lain Kapolda Jatim, Irjen Fadil Imran; Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Widodo Iryansyah; Ketua DPRD Provinsi Jatim, Kusnadi; Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono; Ketua Gugus Kuratif Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi; dan Ketua Gugus Promotif/Preventif Covid-19 Jatim, Suban Wahyudiono. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA