Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gubernur Khofifah: Malang Raya Bersiap Transisi Menuju New Normal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 28 Mei 2020, 12:54 WIB
Gubernur Khofifah: Malang Raya Bersiap Transisi Menuju New Normal
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa/Net
rmol news logo Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai upaya percepatan penanganan virus corona (Covid-19) di Malang Raya akan berakhir pada 30 Mei mendatang. Tidak akan ada penambahan masa PSBB untuk wilayah ini.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau kepada warga Malang untuk bersiap untuk menuju new normal.

"PSBB Malang Raya cukup sekali saja dan kita akan masuk pada masa transisi pasca PSBB. Transisi menuju New Normal Life," ungkap Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada wartawan, Kamis (28/5).

Khofifah menjelaskan keputusan tersebut diambil berdasarkan pedoman yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), di mana terdapat enam faktor yang harus terpenuhi terkait masa transisi suatu wilayah pasca PSBB).

Keenam faktor yang dimaksud di antaranya adalah terkontrolnya persebaran Covid-19, cukupnya kapasitas kesehatan untuk melakukan tes, isolasi, tracing hingga karantina pasien yang terkonfirmasi dan tersedianya perlindungan kepada populasi berisiko, yaitu lansia dan individu dengan penyakit komorbid.

"Dari ketiga faktor ini saya mendapat konfirmasi dari kepala daerah se-Malang Raya bahwa kondisinya saat ini tercukupi dan dapat dipenuhi," ungkap gubernur perempuan pertama Jatim itu.

Bahkan untuk Kota Batu, Khofifah menyebutkan hingga saat ini, fasilitas kesehatan untuk pasien Covid-19 hanya  terpakai 20 persen.

Faktor selanjutnya menurut pedoman WHO, adalah penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan masker serta physical distancing. Lalu meminimalkan resiko penyebaran kasus baru serta adanya komunitas yang turut aktif dalam melawan penyebaran Covid-19.

"Kami melihat bahwa modal sosial masyarakat Malang Raya luar biasa. Solidaritas dan kegotongroyongannya luar biasa. Kekuatan Malang Raya yang luar biasa adalah di poin keenam," tutur orang nomor satu Jatim ini.

Dengan berakhirnya PSBB Malang Raya pada 30 Mei 2020 mendatang, Khofifah mengingatkan jajarannya untuk tetap melakukan upaya perlindungan kepada masyarakat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA