Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BIN Serahkan Bantuan Peralatan Medis Penanganan Covid-19 Untuk RS Persahabatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 27 Mei 2020, 18:30 WIB
BIN Serahkan Bantuan Peralatan Medis Penanganan Covid-19 Untuk RS Persahabatan
Bantuan alat kesehatan dari BIN untuk RS Persahabatan/Net
rmol news logo Badan Intelijen Negara (BIN) terus memaksimalkan upaya untuk membantu Pemerintah Indonesia dalam melakukan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 atau virus corona baru.

Salah satu bukti nyata yang ditunjukan BIN, dengan memberikan bantuan berupa 2 unit alat polymerase chain reaction (PCR) dan alat kesehatan lainnya ke RSUP Persahabatan, Jakarta Timur.

RSUP Persahabatan merupakan rumah sakit rujukan yang sejak awal menangani pasien corona. Dalam hal ini, BIN juga memberikan catridge PCR sebanyak 2000 unit, alat digital ronsen sebanyak 2 unit dan masker N95 sebanyak 234 box.

Penyerahan dari Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan itu diwakili oleh Staf Khusus Kepala BIN, Meyjen TNI Suyanto di RSUP Persahabatan, Selasa (26/5).

"Jadi ada catridge PCR sebanyak 2000 unit dan alat PCR sebanyak 2 unit. Selain itu kita juga menyerahkan alat digital ronsen sebanyak 2 unit dan masker N 95 sebanyak 234 box," kata Mayjen TNI Suyanto.

Suyanto menyampaikan instruksi Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan, pasalnya pemberian alat kesehatan tersebut diharapkan mampu melakukan pendeteksian secara massal sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo.

"Ini sesuai instruksi dari Kepala BIN, selain di RSUP Persahabatan, Kita juga berikan di RS lain juga. Diharapkan tentunya penanganan Covid 19 bisa cepat diselesaikan dan terdeteksi dengan cepat," ujar Suyanto.

Pada kesempatan itu, Direktur utama RSUP Persahabatan, Rita Rogayah mengapresiasi pemberian bantuan dari BIN tersebut.

Menurutnya, sebelum adanya bantuan ini, pihaknya membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui hasil pemeriksaan pasien Covid-19.

"Seperti kita ketahui kalau pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) itu kalau tidak kita lakukan sendiri di rumah sakit, kita harus menunggu cukup lama," tutur Rita saat menerima bantuan BIN tersebut.

Untuk saat ini, Rita mengungkapkan, RSUP Persahabatan telah menangani 90 hingga 100 pasien Covid-19. Oleh sebab itu, bantuan itu sangat dibutuhkan dalam rangka penanganan pasien yang cepat.

"Dengan ini, kami bisa melakukan pemeriksaan lansung, tanpa perlu merujuk ke RS lain. Sehingga kami bisa dengan cepat memberikan pelayanan kepada pasien," pungkas Rita. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA