Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenlu: Tidak Ada WNI Dalam Daftar Penumpang Pesawat Pakistan Yang Jatuh Di Karachi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 23 Mei 2020, 14:29 WIB
Kemenlu: Tidak Ada WNI Dalam Daftar Penumpang Pesawat Pakistan Yang Jatuh Di Karachi
Puing pesawat Pakistan International Airllines yang menimpa rumah warga/Net
rmol news logo . Kecelakaan pesawat Pakistan International Airlines (PIA) di Karachi, Pakistan, pada Jumat (22/5) kemarin, diduga karena terjadi kerusakan mesin ketika hendak mendarat.

Penyebab pasti belum diketahui. Namun, seorang pejabat penerbangan sipil mengatakan bahwa pesawat tersebut mungkin tidak sanggup menurunkan roda, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (23/5).

Pesawat akan mendarat ke bandara Jinnah Internasional, yang merupakan salah satu bandara tersibuk di Pakistan. Namun nahas, pesawat jatuh di dekat permukiman Model Colony yang berjarak sekitar 3,2 kilometer dari bandara.

Menurut laporan, pilot sempat menyampaikan pesan darurat kepada petugas menara lalu-lintas udara dan tidak lama kemudian hilang dari pantauan radar. Diduga terjadi kerusakan mesin ketika hendak mendarat.

Pesawat itu lantas jatuh di kawasan pemukiman padat penduduk Model Valley, Karachi. Sampai saat ini proses evakuasi masih dilakukan.

Aparat belum bisa memastikan apakah korban meninggal yang ditemukan di sekitar puing pesawat adalah penumpang atau warga di perumahan. Beberapa rumah hancur tertimpa pesawat. Diperkirakan jumlah korban bisa lebih tinggi.

Pakistan baru saja membuka penerbangannya pasca pelonggaran penguncian karena virus corona. Peristiwa ini terjadi dua hari jelang Idul Fitri di mana Muslim Pakistan bersiap menyambutnya. Kemungkinan di antara penumpang adalah mereka yang hendak mudik.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyatakan tidak ada warga Indonesia (WNI) yang ada dalam penerbangan pesawat tersebut.

"Berdasarkan data penumpang, passenger list, tidak terdapat penumpang WNI," ujar Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemenlu RI, Judha Nugraha, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (23/5).

Namun begitu, KJRI Karachi masih terus mencari informasi dari otoritas setempat.

Pesawat Airbus A320 mengangkut 99 penumpang dan 8 awak dengan nomor penerbangan PK8303 itu terbang dari Lahore. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA