Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Angka Positif Covid-19 Melonjak, Gubernur Khofifah Minta RS Lapangan Covid-19 Jatim Segera Dibuka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 23 Mei 2020, 00:01 WIB
Angka Positif Covid-19 Melonjak, Gubernur Khofifah Minta RS Lapangan Covid-19 Jatim Segera Dibuka
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, meninjau langsung kesiapan Rumah Sakit Darurat Covid-19/Net
rmol news logo Ekstensifikasi pelayanan masyarakat terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur guna penanganan pasien Covid-19 yang terus meningkat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Setelah sebelumnya dilakukan penambahan kapasaitas bed hingga ventilator di berbagai rumah sakit rujukan, kali ini, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, meninjau langsung kesiapan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Jatim dan meminta agar bisa segera dioperasikan.

Dengan total kapasitas saat ini mencapai 200 orang, RS Lapangan Covid-19 Jatim yang didirikan di Gedung Pusat Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, Surabaya ini rencananya diperuntukkan bagi pasien konfirmasi positif baru yang terkategori ringan.

Gubernur Khofifah menyebutkan, bahwa kapasitas tersebut akan terus dimaksimalkan hingga bisa mencapai 500 orang pasien.

"Yang kita ingin, bahwa yang di RS rujukan itu yang kondisi berat, yang ringan dan sedang seyogyanya kita siapkan di rumah sakit lapangan seperti sekarang. Kalau total dengan ekstensifikasi kamar-kamar itu semua, bisa sampai 500 bed," ungkap Gubernur Khofifah, Jum’at (22/5).

Gubernur Khofifah yang hadir meninjau langsung menyampaikan, bahwa melalui pembagian seperti itu daya tampung di rumah sakit rujukan akan semakin besar. Pada saat yang sama, semakin banyak juga pasien-pasien yang bisa ditampung untuk dilakukan perawatan.

Walaupun RS Lapangan diperuntukkan bagi pasien Covid-19 kategori  ringan, namun kelengkapan alat medis, keamanan dan keselamatan tenaga medis tetap menjadi perhatian.

Hingga hari ini, telah disiapkan 4 buah ventilator dan ribuan APD di dalam RS Lapangan itu guna peningkatan pelayanan ke masyarakat.

Bahkan, untuk tenaga kesehatan dan keluarganya, telah disiapkan pula kamar-kamar khusus di area RS Lapangan tersebut.
 
“Kita siapkan juga ICU, Ventilator, hingga sarana pemulasaraan di belakang juga kita siapkan,” imbuh mantan Menteri Sosial itu.

Terkait kepastian kapan dibukanya RS Darurat tersebut, Ketua Satgas Kuratif Penanganan Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi menyebutkan bahwa RS Darurat ini sudah siap.

"InsyaAllah kalau besok sudah ada pasien, sudah siap," ungkap Joni yang juga menjabat sebagai Dirut RSUD dr. Soetomo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA