Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hilal Di Bawah Minus 4 Derajat Di Makassar, Kemungkinan 1 Syawal Jatuh Pada Hari Minggu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 22 Mei 2020, 18:17 WIB
Hilal Di Bawah Minus 4 Derajat Di Makassar, Kemungkinan 1 Syawal Jatuh Pada Hari Minggu
Ilustrasi petugas yang melihat hilal/Net
rmol news logo Salah satu pos pemantauan hilal di wilayah Sulawesi, tepatnya di Pantai Losari Makassar melaporkan bahwa hilal belum terlihat. Posisi hilal masih berada pada minus 4 derajat.

Demikian disampaikan BMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan seusai melaporkan pemantauan hilal di Pantai Losari Makassar, Jumat (22/5).

"Hilal belum terlihat di titik pemantauan masih minus 4 derajat. Kemungkinan besok Sabtu (23/5) baru akan terlihat 6 derajat positif," ujar Darmawan.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil pemantauan timnya bersama pihak Kementerian Agama RI di Sulawesi memprediksi lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah akan jatuh pada 24 Mei 2020.

"Bisa jadi Lebaran itu hari Minggu tanggal 24 Mei 2020. Kami sudah melaporkan ke Kemenag," demikian Darmawan.

Terkait penentuan Idul Fitri tahun ini, ormas Islam PP Muhammadiyah telah jauh-jauh hari menentukan bahwa bulan baru 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Ahad, 24 Mei 2020.

Melalui Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2020. Muhammadiyah sejak lama menggunakan metode hisab untuk menentukan bulan baru Hijriyah.

Tak hanya itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyatakan hilal dapat dilihat dengan mata telanjang pada 23 Mei 2020 menjelang maghrib. Dengan demikian, ia memprediksi 1 Syawal 1441 Hijriyah akan jatuh pada 24 Mei 2020.

"Secara default, akan dilakukan istikmal atau menggenapkan Ramadhan menjadi 30 hari. Satu Syawal akan jatuh pada tanggal 24 Mei 2020," demikian Peneliti LAPAN, Rhorom Priyatikanto dalam keterangannya.

Namun, pemerintah melalui Kemenag masih melakukan pemantauan di seluruh Indonesia untuk menentukan 1 Syawal 1441 Hijriyah. Terdapat  80 titik pemantauan hilal yang tersebar di seluruh Indonesia.

Rencananya, pada Siang Isbat petang ini akan diputuskan 1 Syawal 1441 Hijriyah akan jatuh pada hari apa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA