Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Sumut Rayakan Idul Fitri Hari Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 22 Mei 2020, 15:33 WIB
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Sumut Rayakan Idul Fitri Hari Ini
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah Sumut telah merayakan hari raya Idul Fitri pada hari ini/Istimewa
rmol news logo Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah pada hari ini, Jumat (22/5). Mereka merayakannya dengan menggelar shalat Idul Fitri yang dipusatkan di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun pagi tadi.

“Ya tadi kita sudah melaksanakan shalat Idul Fitri,” ungkap Khairil Anwar (41), salah seorang jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah asal Mariendal, Medan.

Untuk diketahui, Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari ini, sesuai hitungan kalender hisab qamariyah.

Sebelumnya, Tarekat ini juga menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada Rabu 22 April 2020, dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah.

Shalat Idul Fitri yang digelar jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah tahun ini di majelis-majelis, dan setidaknya di dua pesantren tarekat ini.

Selain di Pondok Pesantren Yayasan Dr Syekh Salman Daim di Bandar Tinggi, Simalungun, Salat Id juga dilaksanakan jemaah di pesantren di Kandis, Riau.

“Saya kurang tahu pasti untuk yang di Cigombong, Bogor. Tapi kalau di Kandis juga sudah melaksanakan shalat Id. Kalau di Mariendal kemarin kita sudah tanya ke Polsek setempat, tapi belum mendapat izin,” jelas Khairil, dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

Dalam menjalankan shlat Id kali ini, para jemaah bersama-sama berdoa agar pandemik Covid-19 ini dapat segera diatasi. Shalat Id sendiri diikuti ratusan jemaah dari berbagai penjuru Sumut. Dilanjutkan dengan ziarah ke makam Tuan Guru Syekh Salman Daim.

“Selanjutnya kita bersilaturahmi dengan keluarga Tuan Guru dan jemaah lainnya,” tandas Khairil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA