Siswi SMPN 1 Semarang Duduki Peringkat Pertama Kuis Penjaga Langit

Siswi SMPN 1 Semarang, Shahnaz Wijaya yang menempati peringkat pertama kuis Menjaga Langit/Istimewa

Kuis Penjaga Langit yang diselenggarakan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) semakin diminati siswa SMP. Sejak digelar pada Kamis (14/5) lalu, jumlah peserta kuis terus bertambah.

Di putaran minggu kedua bahkan naik dua kali lipat lebih, yakni sebanyak 345 anak dibanding putaran minggu pertama. Kuis interaktif makin diminati karena daerah asal peserta makin bervariasi.

“Saya cukup gembira kuis Penjaga Langit diminati anak-anak SMP. Yang pertama follower dari kuis ini berjumlah 2.288 yang dicapai dalam waktu seminggu. Ini termasuk cepat untuk ukuran Instagram yang kuis belum populer," kata Pangkohanudnas, Marsda TNI Imran Baidirus di Jakarta, Kamis (21/5).

Ia menjelaskan, soal-soal kuis putaran minggu kedua lebih sulit dibanding pekan pertama. Meski lebih sulit, di mana ada 50 soal yang harus diselesaikan dalam durasi 60 menit, ternyata ada 80 orang memeroleh nilai terendah 74 dan tertinggi 96 dengan waktu pengerjaan kurang dari 15 menit.

Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak SMP saat ini mampu melakukan sesuatu dengan tepat, cepat, dan benar. Semua peserta memiliki kesempatan yang sama dalam mengerjakan soal. Kecepatan dan ketepatan dalam menjawab menjadi dasar penilaian kuis ini.

Adapun peringkat pertama kuis pekan kedua dipegang oleh Shahnaz Wijaya dari SMPN 1 Semarang dengan waktu 13:43:00  dan mendapat nilai 96. Peringkat kedua Akiela Indra Nugroho dari SMPN 19 Semarang dengan waktu 13:45:16 dan mendapat nilai 94. Kemudian Raja Lingsar dari SMPN 80 Jakarta dengan waktu 13:48:11 dan nilai 94.

Selain hadiah kuota Rp 200 ribu, ketiga peserta ini berhak mendapatkan Sertifikat Penghargaan yang ditandatangani Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus. Pemberian sertifikat penghargaan untuk peringkat pertama, kedua, dan ketiga ini sudah dimulai sejak kuis putaran minggu pertama.

Para peserta kuis Penjaga Langit dituntut disiplin dan mengikuti aturan main karena banyak hal yang akan menjadi kisi-kisi kuis pekan berikutnya. Sejak pekan ini, ada Kelas Panglima yang harus diikuti seluruh calon peserta. Dalam Kelas Panglima ini, ada penuturan Panglima Kohanudnas terkait pengetahuan umum sejarah Indonesia yang merupakan bahan soal kuis putaran berikutnya.

Kelas Panglima pekan ini menjelaskan tentang sejarah Pesawat Terbang Dakota RI -001 Seulawah, yang merupakan cikal bakal berdirinya perusahaan penerbangan niaga pertama, Indonesian Airways.

 “Saya kira pekan depan peminat dan daerah asal akan bertambah, mengingat anak-anak SMP memiliki cara memengaruhi rekan-rekannya. Selain itu, peminat kuis Penjaga Langit ternyata juga dilirik oleh banyak siswa SMA dan siswa SD," urainya.

Kuis Penjaga Langit tayang setiap hari Kamis, pukul 13.00 WIB. Untuk mengikuti kuis tersebut, para calon peserta harus melakukan registrasi dengan cara follow Twitter @penjagalangit62, dan Instagram penjagalangit1962.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Negara yang Ditakuti Yahudi di Timur Tengah Cuman Dua, Iran dan Turki

Rabu, 16 September 2020
Video

Orang Yahudi Bikin Terowongan untuk Beribadah di Bawah Masjid Al-Aqsa

Rabu, 16 September 2020

Artikel Lainnya

Tingkatkan Pemahaman Penanganan Tanggap Darurat, PMI Cirebon Beri Pelatihan Bagi Masyarakat
Nusantara

Tingkatkan Pemahaman Penanga..

18 September 2020 21:54
Tidak Patut Dicontoh, Oknum Anggota FKDM Paksa Makan Di Tempat  Secara Arogan
Nusantara

Tidak Patut Dicontoh, Oknum ..

18 September 2020 20:37
Berkas Lengkap, Hendi-Ita Siap Lawan Kotak Kosong Di Pilwakot Semarang
Nusantara

Berkas Lengkap, Hendi-Ita Si..

18 September 2020 19:40
Cegah Klaster Perkantoran, Perusahaan Diminta Laporkan Kasus Positif Covid-19 Di Lingkungan Kerja
Nusantara

Cegah Klaster Perkantoran, P..

18 September 2020 19:20
Pemerintah Sudah Siapkan Teknis Pemindahan Dana Taperum PNS, Tapera 2021 Siap Beroperasi
Nusantara

Pemerintah Sudah Siapkan Tek..

18 September 2020 19:02
Dari 'Warga Miskin Amerika' Hingga Jadi Istri Gubernur, Kunci Atalia Kamil: Bersyukur
Nusantara

Dari 'Warga Miskin Amerika' ..

18 September 2020 16:11
Bareng Deddy Corbuzier Dan Ryan D'Masiv, MRT Jakarta Sosialisasi Gerakan Peduli 3M
Nusantara

Bareng Deddy Corbuzier Dan R..

18 September 2020 15:27
Konferensi Besar GP Ansor Di Sulut Dibuka Presiden, Gubernur Olly Sampaikan Pentingnya Kerukunan Dan Sinergisitas
Nusantara

Konferensi Besar GP Ansor Di..

18 September 2020 15:25