Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inovasi Di Tengah Pandemik, Warga Jayapura Ciptakan Mesin Penyemprot Ramah Lingkungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 20 Mei 2020, 08:52 WIB
Inovasi Di Tengah Pandemik, Warga Jayapura Ciptakan Mesin Penyemprot Ramah Lingkungan
Warga Jayapura ciptakan alat penyemprot disinfektan dari barang bekas/Istimewa
rmol news logo Di tengah penyebaran virus corona baru atau Covid-19, warga Perum KPR Organda, Padang Bulan, Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura membuat inovasi mesin penyemprot disinfektan.

Dilaporkan Kantor Berita RMOLPapua, alat penyeprot disinfektan yang mirip robot ini, oleh penggagasnya diberi nama Rocovid.

Memanfaatkan panel surya, galon air, alat penyemprot, dan kereta dorong bayi, sistem penyemprotan disinfektan bertenaga surya ini mirip robot. Semua bahan yang digunakan untuk merangkai alat penyemprot ini semuanya dari bahan bahan bekas pakai.

“Kita pakai kereta dorong bayi bekas, dengan panel Surya yang dimodifikasi dengan rangkaian pengalih arus inverter dengan penyemprot dari stik semprot yang biasa dipakai untuk cuci kendaraan,” jelas sang penggagas Rocovid, Adrian Zamaksari, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Adrian, mesin penyemprot yang mirip setengah robot ini diberi nama Rocovid. Keunggulan dari alat penyemprot Rocovid ini bisa menjangkau gang-gang kecil di perumahan warga.

Selain itu, karena menggunakan tenaga surya, maka Rocovid pun termasuk alat yang ramah lingkungan.

“Saya berharap warga semua patuh kepada anjuran pemerintah untuk berada dan beraktivitas dari rumah. Hal ini demi kebaikan dan kesehatan bersama,” ujar Adrian yang juga anggota Ops Polres Jayapura. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA