Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

30 Kecamatan Masih Masuk Zona Hitam Covid-19, Pemkot Bandung Kembali Perpanjang PSBB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 19 Mei 2020, 15:43 WIB
30 Kecamatan Masih Masuk Zona Hitam Covid-19, Pemkot Bandung Kembali Perpanjang PSBB
Walikota Bandung, Oded M Danial, putuskan untuk perpanjang PSBB/RMOLJabar
rmol news logo Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa Barat berakhir pada hari ini, Selasa (19/5). Pemkot Bandung pun telah memutuskan untuk memperpanjang PSBB sampai 29 Mei mendatang.

Walikota Bandung, Oded M Danial mengatakan, keputusan diambil setelah pihaknya melakukan evaluasi dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Mulai dari aspek kesehatan, ekonomi, hingga sosial.

“Perlu disampaikan bahwa Kepwal yang nanti diubah sampai tanggal 29, tapi Perwal masih menggunakan yang lama,” tegas Oded usai rapat bersama Forkopimda di Balaikota Bandung, Selasa (19/5).

Oded memastikan dalam melaksanakan PSBB yang ketiga tersebut Pemkot Bandung akan tetap melakukannya secara maksimal.

Sebab, meski Pemprov Jabar menyatakan Kota Bandung menjadi zona kuning, namun dari 31 kecamatan di Kota Bandung, sebanyak 30 di antaranya masih dinyatakan sebagai zona hitam.

Oded mengungkapkan, zona hitam tersebut menunjukkan kasus Covid-19 di masing-masing kecamatan sudah sangat parah dan perlu dilakukan kuncitara atau lockdown.

“Tapi kalau ditarik ke 30 kecamatan, itu masih zona hitam dan satu kecamatan yang merah. Kemudian kalau ditarik ke kelurahan, masih ada 83 kelurahan yang hitam,” terang Oded.

Oded menambahkan, zona merah berarti masih ditemukan kasus Covid-19 pada satu klaster atau lebih dengan peningkatan kasus yang signifikan. Pada zona tersebut, perlu dilakukan PSBB secara penuh.

Disamping melaksanakan PSBB, pihaknya juga akan terus melakukan rapid test untuk mempermudah pemetaan kasus Covid-19. Selain itu, Pemkot Bandung juga akan melakukan dan mempercepat jaring pengaman sosial.

“Alhamdulillah bahwa untuk DTKS sudah di angka 80 persen, mudah-mudahan pekan ini selesai. Dan untuk non-DTKS dari Provinsi sudah mulai dicairkan, sedangkan untuk non-DTS dari Kota Bandung mudah-mudahan hari ini bisa dilakukan,” demikian Oded. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA